Laman

25.6.24

Jangan Lewatkan! 5 Beasiswa S2 Singapura untuk Mahasiswa Indonesia


Apakah kamu bermimpi melanjutkan studi S2 di luar negeri, khususnya di negara tetangga Singapura? Kalau iya, kamu bisa kuliah gratis dengan beasiswa S2 Singapura, lho!

Sebagai salah satu pusat pendidikan terkemuka di Asia, Singapura menawarkan beragam beasiswa kepada pelajar Indonesia yang ingin memperdalam ilmu di tingkat pascasarjana. 

Mau tahu apa saja beasiswanya? Yuk, simak rekomendasinya!

Rekomendasi Beasiswa S2 Singapura


1. Beasiswa Lee Kuan Yew School of Public Policy - NUS

Beasiswa Lee Kuan Yew School of Public Policy (LKYSPP) di National University of Singapore (NUS) adalah beasiswa bergengsi yang ditujukan bagi calon mahasiswa S2 yang ingin berkarier di bidang kebijakan publik.

Program yang ditawarkan beasiswa ini, antara lain Master of Public Policy, Master in Public Administration, dan Master of International Affairs.

Cakupan beasiswa

  • Biaya kuliah
  • Tunjangan hidup
  • Tunjangan buku
  • Tiket pesawat
  • Asuransi kesehatan

2. ESED Scholarship

ESED Scholarship atau Education for Sustainable Energy Development (ESED) adalah program pendanaan pendidikan bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi S2 di bidang pengembangan energi berkelanjutan.

Beasiswa ESED diselenggarakan oleh Global Sustainable Electricity Partnership (GSEP), aliansi dari perusahaan listrik terkemuka di dunia.

Beasiswa ini ditujukan untuk program Master (S2) di bidang-bidang yang terkait langsung dengan pengembangan energi nol karbon, pengembangan energi berkelanjutan, energi terbarukan, dan sektor ketenagalistrikan.

Cakupan beasiswa

Beasiswa ESED memberikan dukungan finansial hingga 10.000 USD per tahun studi, dengan durasi maksimal dua tahun.

3. NUS Research Scholarship


NUS Research Scholarship adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh National University of Singapore (NUS) kepada mahasiswa pascasarjana untuk mengejar gelar penelitian (Master atau PhD) di universitas tersebut. 

Beasiswa ini diberikan berdasarkan prestasi akademik, penelitian, dan kualitas proposal penelitian.

Cakupan beasiswa

  • Tunjangan bulanan
  • Subsidi biaya kuliah
  • Tunjangan tambahan (khusus PhD)

4. CIMB ASEAN Scholarship

CIMB ASEAN Scholarship adalah program beasiswa penuh dari CIMB Group, salah satu bank terkemuka di ASEAN, untuk calon mahasiswa S1/S2 dari negara-negara ASEAN tempat CIMB beroperasi, termasuk Indonesia.

Beasiswa ini terbuka untuk berbagai bidang studi, tidak hanya perbankan dan keuangan. CIMB juga menerima pelamar bidang Ilmu Komputer, Ilmu Data, dan Psikologi.

Cakupan beasiswa

  • Biaya kuliah penuh
  • Tunjangan hidup
  • Biaya akomodasi
  • Asuransi kesehatan
  • Biaya perjalanan (termasuk tiket pesawat pulang pergi)
  • Peluang magang dan pelatihan di CIMB

5. ADB - Japan Scholarship Program

ADB-Japan Scholarship Program (JSP) adalah program beasiswa yang didanai oleh Pemerintah Jepang dan dikelola oleh Asian Development Bank (ADB). 

Program ini bertujuan memberikan kesempatan bagi warga negara berkembang anggota ADB, salah satunya Indonesia untuk melanjutkan studi pascasarjana (S2/S3) di bidang-bidang terkait pembangunan di universitas terpilih di kawasan Asia Pasifik.

Beasiswa ADB-JSP mencakup berbagai bidang studi yang berkaitan dengan pembangunan, antara lain Ekonomi, Manajemen, Kesehatan, Pendidikan, Pertanian, Lingkungan, Pengelolaan Sumber Daya Alam, Sains dan Teknologi, serta bidang-bidang lain terkait dengan pembangunan.

Cakupan beasiswa

  • Biaya kuliah penuh
  • Tunjangan bulanan untuk biaya hidup
  • Tunjangan perumahan
  • Tunjangan buku dan materi pelajaran
  • Asuransi kesehatan
  • Biaya perjalanan

Itulah dia beberapa beasiswa S2 Singapura yang bisa kamu coba daftar. Segera persiapkan dirimu dari sekarang, ya!

Kalau butuh bantuan atau konsultasi mengenai beasiswa, kamu bisa mengunjungi laman resmi atau media sosial Kobi Education

Selain konsultasi, kamu juga mengikuti kelas IELTS, mentoring persiapan, hingga proofreading dokumen beasiswa.

Semoga berhasil!


11 komentar:

  1. Ternyata banyak juga beasiswa dari luar negeri ya, anak sulungku juga lagi cari2 info beasiswa dari luar nih. aku infoin ke anakku ah, biar dicoba. makasih Teh Nia

    BalasHapus
  2. Banyak ya ...beasiswa yang bisa diikuti untuk kukiah disingapur. Perlu dishare nih..mana tau ada yang butuh...

    Apalagi semua kebutuhan dipenuhi selain biaya kuliah juga biaya hidup..

    BalasHapus
  3. masyaallah makasi lho mba buat infonya tentang beasiswa s2 di singapura, ini pasti jadi informasi yang berguna banget

    BalasHapus
  4. Yang kelima itu dari Jepang tapi bisa dipakai kuliah di Singapore?
    Makin banyak pilihan beasiswa yah untuk dicoba. Harus telaten melengkapi syaratnya dan pantang menyerah.

    BalasHapus
  5. Wah saya juga ikutin Kobi nih, Teh nia. Buat siap2. Anakku kan kelas 12 tahun ini. Jadi prepare dr sekarang. Soalnya Kobi kalau saya lihat nih banyak kasih fitur bagus tapi harganya dibawah yg terkenal satunya lagi.

    BalasHapus
  6. Yang mau kuliah ke strata 2 banyak peluangnya ini. Terlebih beasiswanya ke Singapura pula dan dapat dukungan finansial, wuah cuss ikutan daftar. Jadi kepengen juga hehe

    BalasHapus
  7. wah keren banget ini programnya, jadi tetap bisa melangkah kejenjang berikutnya ya dengan menggunakan beasiswa S2. Ku kasih tau teman-temanku juga ah yang mau ambil S2 untuk anaknya, bisa konsultasi melalui Kobi ya.

    BalasHapus
  8. Seru banget bisa punya kesempatan sekolah di luar negeri dan menjadi yang terpilih dalam program beasiswa. Butuh perjalanan yang panjang buat sampai ke titik ini dan semoga informasi dari Kobi Education menjawab keingintahuan anak-anak skarang untuk melanjutkan study mereka ke kampus-kampus bergengsi di Singapore.

    BalasHapus
  9. Jujur aku tuh mau banget lanjut S2 di luar Negeri apalagi jalur beasiswa seperti ini 😍 Tertarik sama CIMB ASEAN Scholarship, benefitnya mantul pisan ya.
    Auto cek detail syarat dan lainnya, moga aja masuk kriteria nih 😇

    BalasHapus
  10. Wah beasiswa S2 Singapore lumayan juga ya, gak hanya ditanggung pendidikan saja tapi ada juga tanggungan hidup dan lainnya. Dulu juga ada salah satu teman yang berhasil S2 beasiswa di Singapore, tapi lupa di university mana hehe

    BalasHapus
  11. Menarik informasinya mbak. Jadi makin banyak sebenarnya peluang untuk bisa melanjutkan pendidikan di Singapura ya, ada beberapa beasiswa yang tersedia, dan bisa dimanfaatkan oleh warga Indonesia

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)