20.6.24

Pertama Kali ke Hong Kong? Ikuti 7 Tips Backpacker Ini!

Travelling untuk pemula bisa menjadi salah satu hal yang sedikit membingungkan, apalagi jika kamu belum pernah ke negara itu sebelumnya. 

Hong Kong merupakan negara yang sangat menarik. Banyak yang mengatakan mengunjungi Hong Kong secara teknis seperti mengunjungi China namun dengan suasana dan vibes yang berbeda. 

Beberapa orang juga mengatakan liburan ke Hong Kong seperti liburan ke Jepang, tapi tetap memberikan kesan yang berbeda. 

Itulah yang membuat Hong Kong menarik untuk dikunjungi, ia seperti kota dengan kepribadian bermacam-macam atau city with split personalities. 

Apakah Hong Kong juga menjadi salah satu bucket list kamu untuk pergi liburan? Jika iya, tips untuk backpacker ke Hong Kong ini penting untuk diperhatikan agar liburanmu lebih berkesan. 

1. Menentukan Itinerary Sejak Awal

Membuat itinerary sejak awal akan sangat membantu kamu untuk menentukan akomodasi dan transportasi lebih awal pula. 

Itinerary yang sudah dibuat sejak awal akan lebih memudahkan kamu untuk berpindah-pindah juga menghemat biaya tidak terduga jika kamu pergi tanpa rencana. 

Walaupun backpacker identik dengan trip yang lebih spontan dan tidak terencana, akan lebih baik untuk tetap punya rencana secara garis besar kemana saja kamu akan pergi di Hong Kong. 

Jika kamu berangkat dari Jakarta misalnya, mulai dari penerbangan Jakarta Hong Kong kamu harus sudah punya rencana akan bagaimana setelah sampai. 

Nah, itinerary yang kamu buat bisa disesuaikan dengan jumlah hari kamu akan liburan agar pengeluaran tetap terprediksi. 

2. Membawa Barang Bawaan Secukupnya

Sebagai backpacker, tentu saja membawa barang secukupnya adalah hal yang krusial.

Saat kamu memutuskan untuk backpacking ke Hong Kong, bawalah barang yang sesuai keperluan saja, disesuaikan juga dengan jumlah hari yang akan kamu habiskan selama liburan ke Hong Kong. 

Akan lebih baik jika kamu bisa mengemas barang hanya dalam satu tas besar yang muat di bagasi pesawat. Kamu juga bisa hemat waktu karena tidak perlu menunggu bagasi dan barang bawaan lainnya. 

Sebagai backpacker, kamu juga akan lebih mudah berpindah hotel dan destinasi jika barang bawaan tidak terlalu banyak. 

3. Beli Tiket Pesawat Lebih Awal

Untuk menyesuaikan dengan budget, membeli tiket penerbangan Jakarta Hong Kong lebih awal akan membuat kamu hemat biaya. 

Tiket pesawat pulang-pergi dari Jakarta ke Hong Kong merupakan pengeluaran yang paling besar. Kamu bisa mengikuti tips-tips untuk membeli tiket pesawat di hari-hari tertentu dan berburu promo tiket penerbangan Jakarta Hong Kong. 

Misalnya, kamu bisa membeli tiket pesawat di hari biasa dan bukan weekend, selain itu kamu harus pintar-pintar berburu promo di jam-jam malam hari. 

Harga tiket penerbangan Jakarta Hong Kong terkadang bisa melonjak tinggi di waktu-waktu tertentu, misalnya saat high season.

Itulah mengapa, kamu harus pintar berburu promo dan menentukan waktu liburan agar tidak bersamaan dengan waktu yang ramai sehingga semuanya serba mahal. 

4. Tukar Mata Uang 

Tips esensial untuk backpacker pemula yang mengunjungi Hong Kong yaitu memastikan kamu telah menukar uang dengan mata uang Hong Kong yaitu HKD

Saat menukarkan uang, kamu juga perlu memperhatikan kurs yang berlaku dan hitung juga berapa uang yang akan kamu gunakan dalam rupiah. 

Tips lainnya yaitu untuk menukarkan uang di money changer Indonesia saja agar mendapatkan nilai tukar yang lebih tinggi dibandingkan menukarkan uang saat sudah berada di Hong Kong. 

Tukarkan uang secukupnya saja untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu selama kamu di Hong Kong. 


5. Pilih Akomodasi dengan Bijak

Sebelum memilih akomodasi, itinerary kamu harus sudah selesai terlebih dahulu. Hal ini karena Hong Kong punya dua sisi, bagian pulau dan Kowloon

Tentunya untuk menentukan akomodasi dan di mana kamu akan menginap, kamu harus tau dulu kemana kamu akan pergi. 

Dari satu sisi ke sisi lain di Hong Kong, kamu bisa bepergian menggunakan kapal atau MTR. Hanya saja, tentu akan lebih hemat jika memilih akomodasi yang dekat dengan tempat yang ingin kamu kunjungi. 

Di Hong Kong tentu saja banyak pilihan akomodasi yang tidak terlalu mahal, dengan 300-500 ribu kamu sudah bisa mendapatkan penginapan yang nyaman dan strategis.

6. Buat Octopus Card

Saat mengunjungi Hong Kong, cara paling efektif hemat biaya transportasi adalah dengan mendapatkan octopus card. Kartu ini adalah kartu yang digunakan untuk mengakses MTR di Hong Kong. 

Kalau kamu sudah mempunyai octopus card, maka akan lebih mudah untuk berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya selama di berada di daerah perkotaan. 

Octopus card adalah kartu prabayar yang bisa kamu gunakan untuk mengakses MTR dan akan dibayar diakhir sesuai jumlah perjalanan yang kamu lakukan selama menggunakan kartu tersebut. 

Bukan hanya untuk akses MTR, kartu ini juga bisa digunakan untuk membayar di supermarket, kafe, bahkan menonton film. 

7. Bawa Sepatu dan Sandal yang Nyaman untuk Jalan

Salah satu keuntungan menjadi backpacker adalah kamu bisa leluasa memilih akan pergi kemana hanya dengan berjalan kaki. 

Ini juga menjadi salah satu keuntungan memilih akomodasi yang dekat dengan tujuan-tujuan wisata yang ingin kamu kunjungi. 

Pastikan kamu membawa sepatu dan sandal yang nyaman untuk digunakan selama jalan kaki di Hong Kong. 

Itu dia tips-tips backpacking ke Hong Kong yang bisa kamu lakukan. Selamat liburan!

Gambar : Freepik

21 komentar:

  1. Octopus card, wajib di catat nih. Kalau suatu saat ke Hongkong mesti punya ini, supaya urusan mobilitas selama di sana aman, dan bisa dipakai buat belanja juga.

    Berburu tiket promo ini kalau lagi beruntung, jakarta - hongkong bisa lebih murah dibandingkan surabaya ke wilayah timur indonesia mbak

    BalasHapus
  2. toss kak Hong Kong menjadi salah satu bucket list aku untuk pergi liburan, beli tiket pesawat jauh-jauh hari penting banget ya

    BalasHapus
  3. seru nih kalo bisa jalan-jalan ke hongkong. backpacker-an pasti lebih menantang adrenalin karena ngurus semuanya sendiri. otw nabung dulu ahh biar bisa ajak sekeluarga jalan-jalan ke hongkong :D

    BalasHapus
  4. Jadi referensi kalau mau healing ke Hong Kong
    Pengen bisa bahasa Mandarin dulu supaya bisa banyak tahu saat di sana
    Sekalian nyari kenalanan baru

    BalasHapus
  5. Kalo itinerary nya jelas bisa jelas juga tujuan, waktu dan biaya yang akan dikeluarkan ya. Apalagi noted nih buat punya octopus card biar praktis ke mana aja di Hong Kong ya

    BalasHapus
  6. Wah, jalan-jalan ke Hongkong sepertinya impian aku nih. Dulu mama papaku pernah traveling ke Hongkong tapi ada urusan lain juga sih. Membawa perlengkapan sesuai sistuasi dan kondisi terutama cuaca itu harus ya. Tukar mata uang itu utama banget. Rasanya mewah ya kalau bisa wisata Hongkong.

    BalasHapus
  7. Berlibur dan persiapannya ini memang wajib dilakukan agar paling engga, tau mau menuju kemana dan bisa menentukan secara kasar pengeluaran selama berlibur. Karena dengan waktu yang terbatas, inginnya banyak destinasi wisata yang seru-seru dan bisa dijangkau.

    BalasHapus
  8. Jadi ingat pertama kali ke Hongkong sama teman-teman kantor, yang memang waktu itu kita semua baru pertama kali. Untung perginya ramaian, jadi waktu itu memang sudah bikin itinerary juga sih.

    BalasHapus
  9. Hongkong punya pesona yang menawan buat dikunjungi dan benar adanya sebelum berangkat harus cari informasi sebanyak-banyaknya kemudian mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan secara bijak, tidak berlebihan. Octopus card pun salah satu yang mesti dipersiapkan, supaya backpackeran makin seru dan berkesan.

    BalasHapus
  10. makasih banyaaak mba.. aku belum sampai ke Hongkong niiih.. menarik banget dan pastinya banyak yang bisa kita nikmati ya di sana. Semoga soon bisa mampir

    BalasHapus
  11. Namanya keluar negri apalagi backpacker gitu harus siap semuanya dan harus diperhitungkan, agar jalan2 tenang dan happy...

    BalasHapus
  12. Jalan-jalan ke Hongkong pasti seru ya
    Apalagi klo backpacker an, kudu pake baju dan alas kaki yang nyaman biar asik

    BalasHapus
  13. Hongkong ini sangat populer yaa. Kalau dulu sering banget film mandarin settingnya di hongkong mana juga memang jadi tujuan banyak wisatawan kita juga ke sana

    BalasHapus
  14. Save dulu ya mbak siapa tahu kapan - kapan ada rezeki travelling ke Jepang. Sekarang mah belum kefikiran dan memang harus nabung dulu :D

    BalasHapus
  15. Eh maaf ke Hongkong maksudnya :D

    BalasHapus
  16. Jadi kangen Hong Kong. Ada banyak sekali tempat menyenangkan untuk dikunjungi di sana.

    BalasHapus
  17. one of my bucket list of traveling overseas, salah satu tujuannya yaitu disneyland hong kong dan shopping hhhehehe

    BalasHapus
  18. Kemaren ada temen yang pergi ke Hong Kong dan sepertinya juga dapet harga murah karena udah sejak jauh hari hunting tiket pesawatnya. Tips yang berguna banget!

    BalasHapus
  19. octopus card itu semacam kartu sakti yang memudahkan transaksi selama keliling di Hong Kong ya mak! Perlu dicatat nih, siapa tau suatu saat ada rezeki menginjakkan kaki ke negeri ini.

    BalasHapus
  20. Aku ke HK tahun 2000 itu pastinya masih jadoel ya teh Nia, waktu itu sama my mom nginep di hotel yang lumayan bagus di tengah kota, alhamdulillah

    Nah yang aku paling suka tuh kalau ke kedai dimsum dan cakwe-nya dong! ukurannya jumbo dan rasanya kok enak banget ya

    BalasHapus
  21. Panduan yang sangat berguna untuk para petualang yang ingin menjelajahi kota ini dengan anggaran terbatas. Kapan ya bisa ke Hongkong? Keliling Indonesia dulu deh, pengen bekpekeran juga bersama suami.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)