30.7.24

Kenalan dengan ASUS AI Series di Bandung ASUS Media Roadshow 2024


Siapa yang gak kenal dengan AI? Sekarang ini sepertinya semua orang mengenalnya. Iya AI, yang merupakan singkatan dari Artificial Intelligence. Apa sih sebenarnya AI itu? Menutip dari web AWS, AI atau Artificial Intelligence, atau Kecerdasan Buatan bisa diartikan sebagai bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, penciptaan, dan pengenalan gambar.

AI sebenarnya bukanlah hal yang baru. Meski baru sekarang ini istilah AI booming, akan tetapi jika melihat definisinya, penerapan AI sudah sejak lama ada. Virtual assistant, search engine, teknologi mbanking, chatbot, marketplace, auto correct, sistem GPS, online translator, aplikasi transportasi online, game online, iklan digital, dan aplikasi streaming merupakan contoh dari penerapan teknologi AI ini. 

Teknologi AI di Dalam Laptop ASUS 

Ini yang kemudian terjadi. Berbagai produk yang hadir sekarang ini dilengkapi dengan teknologi AI di dalamnya. Termasuk juga dengan produk-produk ASUS, khususnya laptop. Tak perlu menambah aplikasi atau software tambahan dan tak perlu mengakses website yang lain, dengan hanya menggunakan laptop ASUS saja, dan tentunya dengan penggunaan jaringan internet, siapa pun bisa langsung memecahkan masalahnya dengan teknologi AI yang sudah disematkan di dalamnya. 

Sebagai contoh, saat hendak menggambar suatu objek, sedangkan kita tidak bisa menggambar digital, kita cukup mengakses fitur Paint yang sudah ada di laptop ASUS AI kita. Dengan hanya satu goresan, dan lalu menginput apa yang kita inginkan melalui prompt yang pas dengan sedetail-detailnya, dalam sekejap, gambar yang kita inginkan akan segera terpampang di layar ASUS AI kita.

Jika perlu cerita, resep masakan, atau apa pun yang sifatnya tulisan, kita bisa mengakses fitur Copilot. Fitur yang satu ini sudah jadi bawaan atau default di dalam laptop ASUS AI yang memang menggunakan Microsoft.

Nah dengan mengetikkan apa yang kita inginkan di fitur Copilot, atau dengan pesan suara, dalam sekejap, apa yang kita cari juga akan segera terpampang di layar laptop ASUS AI kita. Tak perlu lagi kita buka Chat GPT, Gemini, atau yang lainnya.

Produk-produk ASUS AI di Bandung Media Roadshow 2024


Beberapa waktu yang lalu, tepatnya Kamis, 25 Juli 2024 yang lalu, saya berkesempatan menghadiri ASUS Media Roadshow 2024 di Bandung. Di kesempatan kali itu, saya dan teman-teman Blogger Bandung melihat langsung produk-produk ASUS AI terbaru. Dari mulai laptop AI dengan layar ganda, yaitu Zenbook DUO (UX8406); laptop AI tipis dan ringan, yaitu Zenbook 14 OLED (UX3405) dan Zenbook 14 OLED (UM3406); hingga laptop AI dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu Vivobook S 14 OLED (S5406) dan juga Vivobook S 14 OLED (M5406). Kesemuanya dibawa ASUS ke Bandung untuk diperkenalkan satu demi satu.

Mbak Caroline

Mas Firman

Mas Daniel 

1. Zenbook DUO (UX8406)

Untuk Anda para profesional yang ingin pekerjaan komputasinya dipermudah, misalnya supaya tidak perlu menmbuka banyak tab layar, Anda bisa menggunakan Zenbook DUO (UX8406). Laptop yang satu ini memiliki dua layar. Tak hanya sekadar laptop dengan dua layar biasa saja. Zenbook DUO (UX8406) sudah dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards, lho. Dia bisa digunakan dalam 5 skenario penggunaan. Pastinya ini akan membuat penggunaan Zenbook DUO (UX8406) sangat fleksibel.

Tak perlu diragukan keandalannya, Zenbook DUO (UX8406) sangat powerful. ASUS menyematkan prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 9, yang di dalamnya sudah mengusung Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™. Jadinya jelas, laptop ini sudah menggunakan teknologi AI. Zenbook DUO (UX8406) juga ditenagai sudah menggunakan Windows 11. So pastinya, di dalamnya sudah ada fitur Copilot yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan multitasking tanpa batas. Zenbook DUO (UX8406) dibanderol dengan harga mulai dari Rp34.999.000.

Zenbook Duo

2. ASUS Zenbook 14 OLED UX3405 dan ASUS Zenbook 14 OLED UM3406

Untuk Anda yang lebih mobile, yang lebih memerlukan laptop tipis, ringan, namun tetap andal dan juga gaya, ASUS AI yang bisa dipilih adalah ASUS Zenbook 14 OLED UX3405 (versi Intel) ataupun Zenbook 14 OLED UM3406 (versi AMD). Sama keren dan tangguhnya, kedua laptop ini akan pas buat Anda. Jeroannya menggunakan prosesor Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H dan juga AMD Ryzen™ 7 8840HS. Untuk layarnya, ASUS Zenbook 14 OLED, baik yang versi Intel ataupun yang versi AMD sama-sama sudah menggunakan layar OLED dengan resolusi hingga 3K. Jadinya pasti memberi jaminan gambar imersif yang akan sangat memuaskan. RAM-nya hingga 32GB dengan storage M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD. ASUS Zenbook 14 OLED dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.799.000.

Zenbook 14 OLED UX3405

Zenbook 14 OLED UM3406

3. ASUS Vivobook S 14 OLED S5406 dan ASUS Vivobook S 14 OLED M5406

Seri ASUS AI berikutnya adalah ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) dan juga ASUS Vivobook S 14 OLED (M5406). Kedua laptop ASUS AI ini bisa dipilih Anda yang ingin laptop ASUS AI dengan harga yang lebih terjangkau. ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) menggunakan dapu pacu berupa Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H. Adapun ASUS Vivobook S 14 OLED (M5406) menggunakan AMD Ryzen™ 7 8840HS dengan TDP yang lebih tinggi yakni hingga 50W. ASUS Vivobook S 14 OLED ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp15.799.000.

Vivobook S14 OLED M5406

Vivobook S14 OLED S5406

Selalu Takjub dengan ASUS!

Benar, ini ungkapan yang selalu keluar dari mulut saya manakala hadir dalam roadshow produk-produk terbaru ASUS di Bandung. Tampilan-tampilan produknya selalu cakep. Teknologi mutakhir yang disematkan pada produk-produknya selalu keren, dan yang pastinya inovasi yang diterapkannya ini selalu terdepan dalam waktu yang cepat. S

Pun demikian juga dengan roadshow kali ini yang membawa rangkaian ASUS AI series. Kesemua produknya membuat saya mupeng banget. Kepengen deh ih salah satunya bisa menggantikan Si Vivobook di rumah yang belum masuk kategori laptop AI. 

Tak perlu diragukan lagi sih, ASUS sendiri kan sudah jadi merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router yang memang terbaik di dunia. Visinya yang ingin menjadi perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia sudah dibuktikan melalui produk-produknya. 

Berbagai penghargaan yang didapatnya semakin mengukuhkan hal itu. Bayangkan saja, lebih dari 69.602 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT dari seluruh dunia sejak tahun 2001 lalu sudah diterima ASUS baik untuk hal inovasi, desain, dan juga kualitas produknya. 

Tak heran deh jika di tahun 2023 saja, ASUS memimpin pasar laptop di Indonesia. Lebih dari 40% lho penjualannya. Dan ini membuat ASUS memimpin pasar laptop di Indonesia selama satu dekade berturut-turut. Semuanya tentu berkat kelebihan-kelebihannya dalam hal mengeluarkan laptop ultra-ringkas dengan bezel layar yang tipis, laptop layar ganda, dan juga laptop yang berperforma tinggi, khususnya yang dirancang untuk para konten kreator serta para gamer. 

Di tahun 2023, ASUS juga meraih penghargaan sebagai Top Brand 2023. Nilai TBI atau Top Brand Index yang raih ASUS itu sebesar 24,4%. Hal ini menjadikan ASUS berada di posisi pertama sebagai merek laptop pilihan masyarakat Indonesia. ASUS mengungguli kompetitornya dengan selisih nilai TBI sebesar 3,2% dari posisi nomor dua di Top Brand Award

Pilih yang Mana?

Keren ya ASUS ini. Gak salah deh jika ASUS meraih penghargaan yang banyak. Produknya memang keren-keren. Apalagi untuk ASUS AI series terbaru kali ini. Kesemuanya handal dan layak untuk dipilih.

Jika disuruh milih, dari kesemua laptop ASUS AI, teman-teman paling suka yang mana? Saya sendiri lebih cenderung memilih yang Zenbook 14 OLED. Kenapa? Karena jika milih Zenbook Duo, buat saya terlalu canggih. Dua layarnya mungkin tidak akan banyak terpakai secara produktif. Nah si Zenbook 14 OLED ini yang pas. Ringan dan tipisnya akan membuat saya bisa semakin mobile dalam bekerja. Tampilannya yang kece sangatlah membanggakan. Kehandalannya bisa saya jagokan.

Memilih ASUS AI yang manapun pastinya tidak akan salah. Kesemuanya punya kelebihan masing-masing. Dan pastinya akan semakin membuat pemiliknya produktif.

Yuk ah dicepetkan nabungnya. Biar ASUS AI ini segera kita miliki. Jangan sampai deh baru bisa dimiliki saat sudah ada produk ASUS yang baru. Eh atau, jangan-jangan teman-teman sudah ada yang pakai ASUS AI? Gimana nih kesan-kesannya? Kasih bocoran dong, siapa tahu saya segera mengikuti jejaknya dalam menggunakan ASUS AI. Hehehehe… aamiin!




17 komentar:

  1. Harga UX8406 lumayan juga tapi emang dari spek gak bisa bohong. Secara tampilan pun hebat banget. High class. Apalagi udah dilengkai dengan AI. Keinget dulu pas nyusun skripsi, bikin AI ala-ala untuk "diagnosa" mental health. Sekarang AI udah demikian berkembang dan rasanya ke depan akan semakin banyak kasih kemudahan di penggunanya.

    BalasHapus
  2. Mupeng bangeet dah liat laptopnya.
    Tipisny setipis kesabaranku, hihihii
    Jadi minder sama laptop asus jadul di rumah, deh. Mau ganti tapi masih bagus dan layak pakai. (yang bener sih belum sanggup) haha

    BalasHapus
  3. keren banget ASUS AI ini. Jadi nggak perlu buka chatGPT ataupun gemini, kita bisa langsung dapat informasi atau apapun yang kita butuhkan dengan Copilot. Pastinya bakal lebih cepat dan efisien ya, karena nggak perlu buka macam-macam aplikasi lagi

    BalasHapus
  4. Baca ini jadi tahu alasan kenapa suamiku kok ngomongin rencana beli laptop ASUS yang baru melulu. Ternyata karena sudah ada fitur Copilot pada Zenbook DUO (UX8406) yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan multitasking tanpa batas. Pantesan jika dibanderol dengan harga mulai dari Rp34.999.000...Wong sekeren itu

    BalasHapus
  5. Asyik banget ya. Kalau kita bisa menggunakan ASUS AI dengan bijak, maka pekerjaan kita akan lebih mudah. Mau gambar apa, tinggal buka paint. Cuma emang kudu nyambung internet mulu ya.

    BalasHapus
  6. Setuju Teh, saya juga suka salut dan pasti terpukau kalau Asus sudah mengeluarkan produk terbarunya, itu berarti akan ada fitur yang mencengangkan buat kita, para konten kreator

    Apalagi ini edisi AI, sangat dibutuhkan di jaman seperti sekarang ya...

    Pokoknya Asus emang keren!

    BalasHapus
  7. Asus concern memenuhi kebutuhan para penggunanya ya, fitur-fitur terbaru dan memudahkan pengoperasian dengan AI, jadi bikin semua pekerjaan beres.

    BalasHapus
  8. Oh ternyata seperti itu teknologi AI yang ada di laptop terbaru ASUS. Tadinya, saya masih bertanya-tanya. Menarik juga karena laptopnya kekinian banget. Mengikuti kebutuhan teknologi saat ini.

    BalasHapus
  9. Aaakkk sungguh bikin mupeng emang nih laptop! Dengan fitur segini banyak masih mau cari apa lagi coba, apalagi fitur Ai-nya kan bener-bener ngebantu banget huhu

    BalasHapus
  10. Doh, penasaran dengan salah satu laptop ASUS AI series ini, tapi aku tim yang kudu ngencengin nabung dulu baru bisa meminangnya.
    Laptop impian profesional muda banget ini, memudahkan pekerjaan tanpa perlu browsing yang membuang waktu.

    BalasHapus
  11. AI memang sudah merangsek di dunia teknologi digital ya. Pelan tapi pasti kedepannya AI akan menciptakan pengaruh yang luar biasa dalam setiap lini kegiatan atau pekerjaan kita. Respect buat ASUS yang sudah lebih dulu bergerak dan menciptakan perangkat elektronik yang akan menampung kebutuhan ini.

    BalasHapus
  12. Kehadiran teknologi memang tidak bisa kita hindari, dan justru harus kita pelajari untuk memanfaatkannya. Dan keren sekali laptop Asus ini. sudah dilengkapi dengan AI. jadi akan sangat mendukung pekerjaan dan aktivitas lainnya. Jadi langsung mupeng dengan laptop ini hehehe.

    BalasHapus
  13. Teh Niaaa.....saya mupeng pingin Zenbook DUO (UX8406)
    Andai ada yang nawarin, pilih tas branded atau laptop Zenbook DUO (UX8406)
    saya pasti pilih laptop da
    Dan bakal saya kekepin karena bakal jadi barang kesayangan, hehehe

    BalasHapus
  14. Dari segi harganya aja udah ciamik banget, eh ternyata speknya pun bisa diandalkan buat urusan multitasking jadi makin simple. Kalau daku punya laptop AI ini mah seneng banget deh jadinya

    BalasHapus
  15. Asus ini bukan hanya berinovasi mengikuti kemajuan teknologi secara up to date, tapi juga berinovasi menghadirkan laptop dengan disain yang kece ya.
    Suka banget sih sama model-model disain laptop Asus, berasa simple elegan banget, apalagi speknya

    BalasHapus
  16. Teknologi AI ini kalau dimanfaatkan secara maksimal jadi sangat membantu dan menghemat waktu banget yaa, teh.. Aku baru tau kalau ternyata manfaat luasnya uda ada di ASUS AI Series. Mantap punyaa..

    BalasHapus
  17. ASUS emang paling ngerti deh. Teknologi AI bisa dibilang saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan hadirnya ASUS seri AI ini tentu akan semakin mempermudah pekerjaan penggunanya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)