31.7.24

Ayo Terus Bersuara dan Dukung Palestina!


Hati manusia mana yang tak sedih melihat foto-foto penderitaan rakyat Palestina? Siapa pun pasti merasa terkoyak. Ibu-ibu menangisi para suaminya yang meninggal; anak-anak yang terluka dan bergelimpangan darah; lansia yang terkapar di mana-mana; gedung-gedung yang hancur tak berbentuk; dan berbagai hal tak manusiawi lainnya, tentu sangat membuat kita marah. Tak hanya umat muslim saja, banyak umat agama lain juga merasakan hal yang sama. TAK PERLU MENJADI MUSLIM UNTUK PEDULI PALESTINA, CUKUP JADI MANUSIA YANG PUNYA HATI SAJA. Sebab ya, apa yang terjadi di tanah Palestina murni merupakan kezaliman atas nilai-nilai kemanusiaan dan genosida.


Kita Jangan Diam!

Ini yang sudah semestinya kita lakukan. Kita jangan diam di dalam menyikapi apa yang terjadi di Palestina. Jika kita tidak bisa ikut berjihad langsung ke sana, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. 

Apa saja hal-hal yang bisa kita lakukan untuk bisa membantu Palestina? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Mendoakan Palestina

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk membantu Palestina adalah mendoakannya. Ya, selipkan doa untuk rakyat Palestina yang sedang menderita di dalam doa-doa kita. Misalnya di setelah selesai waktu shalat; di setiap kali membaca atau melihat foto/video penderitaan rakyat Palestina; atau di waktu-waktu lainnya. 

Asal kita tahu, rakyat Palestina sebenarnya tidak membutuhkan doa-doa kita. Mereka juga tidak takut dengan para penjajah itu. Mereka siap untuk gugur kapan saja, bahkan anak-anak sekalipun. Jika dibalik, justru kitalah yang sebenarnya lemah. Kita masih takut dengan ajal. Jauh sekali dengan kesiapan mereka.

Mendoakan rakyat Palestina semata-mata karena memang kewajiban kita sebagai umat muslim dan juga sebagai manusia di dunia yang harus lantang membela kebenaran. Apalagi untuk kita rakyat Indonesia. 

Jangan lupa, Palestina termasuk salah satu negara pertama yang mengakui Indonesia sebagai negara merdeka secara de facto, tanggal 6 September 1944. Pengakuan ini disebarluaskan ke seluruh dunia oleh seorang mufti besar Palestina yang bernama Syekh Muhammad Al-Husaini. Dukungan Palestina terhadap kedaulatan Indonesia ini sudah disampaikan bahkan sebelum dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia. Tokoh Palestina, yakni Syekh Muhammad Al-Husaini tadi mengucapkan selamat meski Indonesia belum resmi merdeka.


2. Posting tentang Palestina

Dukungan terhadap Palestina juga bisa dilakukan dengan cara banyak posting tentang Palestina. Hal ini sangat mudah dilakukan. Misalnya saja di media sosial yang popular. Seperti Instagram, Facebook, Twitter, Threads, TikTok, YouTube, dan lain-lain. Jika mungkin, kita bisa membuat konten sendiri. Pastinya harus valid ya sumber untuk dijadikan kontennya. Supaya tidak jadi info hoax. Jika tidak bisa membuat konten sendiri, repost dan reshare saja berita, foto, atau video yang sudah dibuat tokoh-tokoh atau media-media terpercaya.

Di Instagram banyak tuh konten-konten tentang Palestina. Kita bisa share di IG stories, IG Feed, atau IG Reels. Ikut juga fitur Add Yours yang kontennya tentang Palestina. Semakin banyak postingan tentang Palestina pastinya akan semakin membuat orang-orang yang awam mengenai kezaliman dan juga genosida Palestina jadi lebih tahu dan lebih teredukasi.

3. Ikut Aksi Dukung Palestina

Cara berikutnya di dalam membantu Palestina adalah dengan ikut aksi dukung Palestina. Iya, semacam demo. Tapi ini demonya sangat tertib. Bukan demo rusuh. Di banyak kota, aksi dukung Palestina ini sudah banyak dilakukan. Selain bertujuan untuk membuat dunia tahu mengenai kekejaman penjajah tanah Palestina, dan supaya dunia bisa tergerak untuk membela Palestina biar penjajahan segera berakhir, juga untuk mengajak masyarakat lokal supaya lebih peduli. Ingat selalu ya, Palestina juga berhak untuk merdeka!


4. Boikot Produk-produk Penjajah Palestina dan Afiliasinya

Cara selanjutnya di dalam mendukung Palestina adalah dengan terus memboikot produk-produk yang dihasilkan penjajah Palestina beserta produk-produk yang dihasilkan negara-negara afiliasinya. Boikot pembelian dan penggunaan produk mereka secara konsisten sampai akhir perjuangan.

Jika belum tahu dengan produk-produk yang harus diboikot ini, kita bisa cari tahu. Kita bisa search secara langsung di mesin pencari atau juga dengan cara mengakses web atau aplikasi khusus yang bisa tahu secara detail produk-produk yang diboikot.

Jangan gunakan uang kita untuk menyakiti saudara-saudara kita di Palestina. Setiap rupiah yang kita keluarkan sangat berarti. Jika kita terus melakukan pembelian, sama saja kita ikut andil di dalam memb*n*h anak-anak Palestina. Sebab memang uang yang digelontorkan untuk perang dan genosida di Palestina ini, sumbangan terbesarnya ya dari brand-brand yang selama ini kita gunakan. 

5. Berdonasi untuk Palestina

Jika cara 1 hingga cara 4 yang dituliskan sebelumnya merupakan cara mendukung Palestina secara tidak langsung, nah cara ini merupakan cara yang langsungnya. Ya, berdonasi untuk rakyat Palestina. Dananya secara langsung akan disalurkan ke Palestina. 

Tapi jangan salah, pilihlah lembaga donasi yang Amanah dan terpercaya. Misalnya saja Rumah Zakat. Hingga saat ini, donasi untuk Palestina yang sudah disalurkan Rumah Zakat, bisa dilihat di gambar di bawah ini.

Adapun bantuan yang sudah dikirimkan dan bentuknya, bisa dilihat di gambar di bawah.


Gerakan #LoveForPalestina

Nah program Rumah Zakat yang berikutnya adalah #LoveForPalestina. Program ini dibuat seiring dengan kita yang akan segera menyongsong Hari Kemerdekaan yang ke-79. Gerakan ini menjadi salah satu upaya untuk terus menyuarakan kemerdekaan Palestina sekaligus juga untuk mendistribusikan bantuan masyarakat di Gaza dengan berkolaborasi bersama banyak pihak.

Tak usah khawatir untuk berdonasi di Rumah Zakat untuk Gerakan #LoveForPalestina ini. Kita semua bisa berdonasi dengan nominal berapapun. Bahkan dengan uang yang hanya cukup untuk makan semangkok mia ayam saja, kita sudah bisa membantu Palestina. Iya, donasi untuk Palestina ini dimulai dari nominal Rp20.000.

Teman-teman mau berdonasi untuk Palestina? Klik aja link https://linkrz.id/LoveForPalestine. Caranya sangat mudah. Di sana nanti teman-teman bisa langsung input nominal donasinya sesuai dengan kemampuan teman-teman. Berapa pun donasi yang teman-teman berikan pastinya akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita di Palestina. 

Sebagai tambahan informasi, berikut ini rencana distribusi dari donasi di Gerakan #LoveForPalestina ini.


Tetap Dukung Palestina dengan Apa yang Kita Bisa!

Ini yang sudah seharusnya kita terus lakukan. Konsisten berisik di berbagai media dan juga mendukung secara langsung dan tidak langsung kemerdekaan Palestina. Kita bersuara dan mendukung Palestina bukan semata-mata karena kita kasihan. Mereka tidak memerlukan itu. Hati dan keimanan mereka sudah kuat. Tawakal mereka kepada Allah sudah sekuat baja. Kita melakukan itu karena kita punya hati. Kita juga sangat mencintai tanah yang sudah diberkati Allah SWT. Sudah sepantasnyalah kita juga turut mempertahankan itu dari para pencuri yang hendak mengusir total semua wilayah Palestina. Jangan bosan-bosan ya. Apa pun yang bis akita lakukan. Semoga Allah meridhai, semoga Allah memberkahi, dan semoga kemerdekaan serta sejayaan Palestina segera bisa diraih. Aamiin ya robbal alamin.




31 komentar:

  1. banya cara untuk mendukung palestina, repost di media sosial agar banyak yang peduli dan lainnya seperti ini, ikut mendonasikan hartanya untuk palestina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, menyebarkan informasi dan dukungan kepada Palestina dalam bentuk konten juga sehingga lebih banyak lagi yang turut peduli juga

      Hapus
    2. Perjuangan beda beda tetapi sepertinya satu tujuan
      Ada yang mencolok ada juga yang bergerilya
      Insya Allah pahala di sisiNya

      Hapus
  2. Nyaris setahun ya Allah
    Semoga Allah berikan petunjuk
    Setelah ini bakal banyak tanda tanda akhir zaman bermunculan
    Palestina, semoga Allah isikan surga bagi mujahid dan mujahidah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mbak. Udh bulan Agustus 2024, penderitaan bangsa Palestina belum berakhir. Mana sekarang Israel juga terang-terangan membunuh pemimpin Hamas pula...
      Baguslah Rumah Zakat membuka donasi seperti ini. Paling enggak meringankan penderitaan rakyat Palestina...

      Hapus
  3. Allahu Akbar. Stand for Palestine. Sekecil apapun yang kita perbuat insya Allah membantu saudara2 kita disana ya mak. Terus boikot produk yang Pro, suarakan melalui medsos dan jangan lupa doakan ya mak. Semoga Allah segera beri Merdeka buat Palestina

    BalasHapus
  4. Sekecil apapun donasi yang kita berikan akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Seperti saudara kita di Palestina yang pastinya sangat memerlukan bantuan kita semua. Love for Palestine ❤️

    BalasHapus
  5. Semoga rakyat Palestina selalu kuat dan sabar ya. Kita hanya bisa memberi dukungan doa dari Jauh

    BalasHapus
  6. Kita berada di barisan bersama Palestina.
    Banyak cara yang dilakukan untuk mendukung. Percaya akan kemerdekaan untuk Palestina.

    BalasHapus
  7. Berisik untuk menyerukan Palestina pada dunia kan tidak masalah. Merdekalah Palestinaku. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

    BalasHapus
  8. Saya berdiri di barisan mendukung Palestina Teh
    Meski maksimal hanya berupa doa dan air mata
    Membantu saudara kita di Palestina sebisa mungkin yg dapat dilakukan semoga membawa kebaikan

    BalasHapus
  9. Sepakat banget dengan kata2 ini "TAK PERLU MENJADI MUSLIM UNTUK PEDULI PALESTINA, CUKUP JADI MANUSIA YANG PUNYA HATI SAJA"
    Semoga semuanya punya hati, dengan punya hati yang tulus bisa membantu dan banyak cara untuk menyemangati mereka yang sedang berjuang di Palestina.Hiks!

    BalasHapus
  10. Mendukung sekali dengan program Rumah Zakat #LoveForPalestina. Beberapa hati kalau sempat trending hastag itu tapi saya belum ngeh apa...
    Alhamdulillah akhirnya makin faham setelah baca uraiannya di artikel Teh Nia ini

    BalasHapus
  11. Sedih kalau baca berita tentang Palestina, Saya hanya bisa mendoakan dari jauh dan tentu saja bersedekah melalui lembaga amal yang terpercaya di Indonesia. Semoga rakyat Palestina diberi kesabaran dan kekuatan. Aamiin

    BalasHapus
  12. Masya Allah, semoga semua bantuan yang disalurkan dari manapun untuk Palestina, khususnya dari Rumah Zakat dapat dimanfaatkan dan meringankan beban para saudara kita di sana.
    Semoga Allah segera memberikan kemerdekaan untuk Palestina, aamiin

    BalasHapus
  13. Merinding saya bacanya Mbak Nia. Ngeri lihat bagaimana warga Palestina terus berjuang dan mempertahankan tanah kelahiran mereka. Setiap orang selalu yakin bahwa apa yang mereka lakukan hingga saat ini adalah sebuah jihad. Perjuangan yang berakhir dengan surga-Nya. MashaAllah.

    Semenjak Ismail Haniyeh terbunuh beberapa hari yang lalu, tekad kuat saya untuk lebih mendukung Palestina jadi lebih bergairah. Semoga dengan menjadi bagian dari perjuangan Rumah Zakat, saya bisa membuktikan dukungan ini dalam tindakan nyata. Salut untuk organisasi filantropi ini. Konsisten terus berjuangan mendukung saudara-saudara kita di Palestina.

    BalasHapus
  14. Ya, Allah. sedih sekali melihat penderitaan rakyat palestina yang belum berakhir. Mari terus berdoa dan membantu semampu untuk saudara di Palestina. Semoga kemerdekaan segera mereka dapatkan. Aamin.

    BalasHapus
  15. Sedih banget setiap membaca tentang Palestine
    Ngebayangin jadi orang Palestine yang dizalimi negara-negara adikuasa
    Dan mereka gak bisa berbuat apa-apa
    Untunglah Rumah Zakat mau memfasilitasi agar kita bisa berdonasi ya?
    Atuh lah ngebakso Rp 50.000 bisa, kenapa enggak berdonasi untuk Palestina

    BalasHapus
  16. Tetap mendoakan dan membantu Rakyat Palestina melalui bantuan dan lembaga terpercaya adalah bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Semoga saja segala niatan dan usaha baik dalam mendukung Palestina menjadi energi nyata untuk kemerdekaan Palestina 😇🙏.

    BalasHapus
  17. Baru bisa ikut boikot beberapa produknya dan terus mendoakan. Semoga Palestina segara merdeka

    BalasHapus
  18. Semangat terus ya teman-teman yang sudah menyuarakan untuk Palestina lewat mana pun dan jangan pernah lelah. Aku pun menjadi salah satu yang masih terus menyuarakan dan membela Palestina dalam bentuk apapun.

    BalasHapus
  19. Betuuul, cukup jadi manusia yang punya hati dan akal saja supaya bisa berempati dan memahami yang terjadi di sana.

    BalasHapus
  20. Kalau lihat berita tentang di Palestina tuh rasanya hati ikut tersayat, kok bisa ada orang sejahat itu kepada sesama manusia. Artikel ini menambah wawasanku untuk lebih memberikan dukungan untuk Palestina lagi

    BalasHapus
  21. Setuju, menyebarkan berita tentang Palestina sepertinya hal termudah yg bisa kita lakukan dg memanfaatkan medsos. Selain itu, gerakan boikot produk yg pro isriwil juga menjadi bentuk dukungan yg bisa kita lakukan.

    BalasHapus
  22. Asli kesel banget waktu lihat video dua influencer yang ngetawain orang yang melakukan buat aksi boikot terhadap produk-produk Israel. Padahal untuk membela Palestina ini tidak harus menjadi muslim namun setidaknya harus memiliki rasa kemanusiaan dan sepertinya mereka tidak memiliki rasa kemanusiaan itu.

    BalasHapus
  23. Terima kasih sudah mengingatkan untuk selalu ingat, terus bersuara dan dukung Palestina karena apa yang terjadi di tanah Palestina murni merupakan kezaliman atas nilai-nilai kemanusiaan dan genosida.

    BalasHapus
  24. Semoga banyak yang berdonasi di campaign #LoveForPalestine ini ya supaya bantuannya bisa segera disalurkan

    BalasHapus
  25. Setuju, jangan diam karena masih banyak cara yang bisa kita lakukan yah

    BalasHapus
  26. MashaAllaa~
    Kalimatnya iya banget yaa, teh... setelah aku pikir-pikir, gerakan berdonasi di Rumah Zakat untuk Gerakan #LoveForPalestina ini bukan hanya untuk para moslim, tetapi untuk kemanusiaan.
    Hati yang baik, harus ikut tergerak dan bersama-sama membantu dengan apa yang bisa kita lakukan dari manapun, melalui apapun.

    BalasHapus
  27. InsyaAllah Rumah Zakat termasuk salah satu dari banyak platform yang amanah dalam pendistribusian bantuan untuk para masyarakat di Palestina ya Mak :)

    BalasHapus
  28. Allahu Akbar, Allahu Akbar

    Berjihad tidak harus turun ke medan perang, dengan menyebarkan informasi dukungan pun bisa membantu saudara-saudara di Pelestina

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)