27.7.24

Membuat Memorable & Useful Merchandise di Troole Merchandise


Hola manteman, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat ya. Alhamdulillah, walopun masih sedikit flu, sekarang saya juga sedang dalam keadaan baik. Gimana nih kerjaan, terutama para blogger, sudah mulai sibuk? Alhamdulillah ya, pastinya. Kerjaan kini mulai bertambah banyak. Saya juga demikian. Bahkan minggu kemaren, saya sudah banyak ikut event-event blogger. Seneng banget deh ya sekarang mah keadaan sudah mulai seperti dulu, seperti saat sebelum pandemi.

Berkunjung ke Troole!

Ngomong-ngomong soal event-event blogger, selain dapat ilmu dan wawasan yang bermanfaat serta juga ketemu temen-temen blogger, apa sih biasanya yang bikin seneng saat ikut acara offline event blogger? Kalo saya, jujur, yang bikin seneng selain yang sudah disebutkan, saya paling excited dengan goodie bag. Iya, isi dari goodie bag yang selama ini selalu lucu-lucu, imut-imut, dan juga bagus-bagus selalu membuat penasaran. Jadi ya gitu, setiap mau ikut event blogger, saya selalu bertanya-tanya, apa ya isi goodie bag yang bakal saya terima?!

Bicara mengenai isi goodie bag, beberapa waktu yang lalu, tepatnya di hari Rabu 24 Juli 2024, saya dan teman-teman Blogger Bandung berkesempatan mengunjungi sebuah perusahaan pembuat merchandise. Iya, perusahaan yang membuat berbagai macam produk dari isi goodie bag. Namanya Troole Merchandise yang beralamat di Jalan Sritunggal No.8, Cigereleng, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40253. Berkunjung ke perusahaan tersebut sungguh membuat saya senang. Selain mendapat banyak insight baru mengenai berbagai hal, saya juga jadi tahu mengenai proses panjang yang dijalani sebuah produk isi goodie bag, hingga sampai ke tangan kita.

Kok Namanya Troole Merchandise?

Begitu dapat undangan untuk ikut gathering dengan Troole Merchandise, saya sempet bertanya-tanya. Kenapa sih perusahaan pembuat merchandise yang akan saya kunjungi namanya Troole? Saya sendiri awalnya menyebut nama ini dengan pelafalan ‘Trole’. Tapi begitu dengar kakak yang menyapa kami pertama kali di sana yang menyebut perusahaan tersebut sebagai ‘Truli’. Saya jadi kebanyang dan menerka-nerka apa makna di balik nama perusahaan ini.

Kang Hanum Sujana, owner Troole Merchandise

Adalah Kang Hanum Sujana. Owner dari Troole yang kemudian menjelaskan mengenai makna di balik nama perusahaan yang didirikannya. Menurut Kang Jana, begitu beliau akrab disapa, nama Troole, itu diambil dari kata ‘Truly’ dalam Bahasa Inggris. Artinya ‘Sesungguhnya’. Namun supaya unik, dicari kata yang tidak biasa. Kemudian ketemulah kata ‘Troole’ yang berasal dari Bahasa Estonia. Artinya ‘Jejak’. Jadinya pas, nama Troole dengan pelafalan Truly bisa dimaknai sebagai ‘Jejak sesungguhnya’. Sebab memberi souvenir itu jelas sangat berhubungan dengan aktivitas yang meninggalkan jejak. 

Suka deh saya dengan apa yang diungkapkan Kang Jana mengenai Troole. Sebuah quote keren yang disebutkannya bisa menjelaskan dengan pas kenapa perusahaan ini namanya Troole yang bermakna meninggalkan jejak. 

Menurut Kang Jana, “Bisnis bukan hanya tentang jualan produk atau jasa, sejatinya ia adalah usaha membangun hubungan baik, berbagi kisah dan hal-hal yang menakjubkan lainnya dengan pelanggan. Jika kita hanya fokus menjual produk atau jasa, maka hal-hal menakjubkan lainnya diluar itu akan terlewatkan. Namun jika kita fokus membangun hubungan baik, berbagi kisah dan hal-hal yang menakjubkan lainnya, maka jualan produk atau jasa hanyalah buah yang “pasti” kita petik.”

Oh ya, Troole Merchandise sendiri, secara resmi itu berdiri sejak 28 Juni 2020. Ketika masa pandemi mulai menjangkiti kehidupan kita. Sebelumnya, Troole Merchandise itu dikenal sebagai Seminarkitbandung.com. Berdirinya mulai 6 Juni 2014. 

Sesuai Namanya, Seminarkitbandung.com fokusnya ke seminar kit. Walaupun di saat itu juga sudah banyak orderan merchandise lain selain seminar kit. Nah di saat pandemi terjadi, di mana seminar-seminar sudah sangat jarang dibuat, bahkan dilarang karena terjadi pembatasan-pembatasan interaksi secara langsung, otomatis orderan sedikit menurun. Jadinya, Seminarkitbandung.com pun berganti menjadi Troole Merchandise. Dan walaupun namanya sudah lebih luas maknanya, sekarang ini orderan seminar kit tetaplah yang paling dominan.

Troole, Memorable & Useful!

Itulah tagline atau motto yang diusung Troole Merchandise. Memorable & Useful. Jelas ya artinya. Memorable tentu diambil dari makna produk merchandise yang diproduksi perusahaan ini yang bisa membuat memorable atau mudah diingat. Kemudian Useful itu juga jelas. Produk merchandise yang diproduksi Troole Merchandise tak hanya unik dan mudah diingat. Tetapi juga useful atau bermanfaat. Sebab percuma saja ya sebuah merchandise itu lucu, unik, dan keren jika tidak bermanfaat. Dengan adanya manfaat, tentunya merchandise yang didapat itu bisa jadi memberi value yang lebih.

Troole Merchandise dengan motto ‘Memorable & Useful’-nya berharap setiap souvenir yang diberikan, ada hati yang terbuka, ada senyum bahagia, dan juga ada kisah-kisah hebat di dalamnya. 

Kang Jana juga kemudian mengemukakan visi dan misi dari Troole Merchandise. Visinya yakni hadir di setiap moment para profesional Indonesia. Adapun misinya menyampaikan kebahagiaan dengan mendampingi pelanggan memenuhi kebutuhan souvenir yang berkesan dan bermanfaat hingga tujuannya sukses tercapai.

Mengenal Troole Lebih Jauh

Kang Jana kemudian bercerita lebih jauh mengenai Troole Merchandise. Menurut beliau, dalam menjalankan Troole Merchandise, beliau menggunakan 2 pendekatan value. Yang pertama itu adalah Rational Value, yang terbagi menjadi Market Category, Segmentation, dan juga Product. Dan yang kedua itu adalah Emotional Value, yang meliputi Brand Purpose, Brand Personality, dan juga Brand Soul.

Pendekatan Rational Value bisa diartikan sebagai pendekatan yang didasarkan pada kemampuan, kelebihan, atau juga fungsi utama sebuah brand yang bisa menyelesaikan hot button customer (needs, wants, pains). Adapun pendekatan Emotional Value itu adalah pendekatang yang menyasar nilai-nilai emosional sebuah brand yang menjadikan konsumen merasa sepaham, satu nilai ideologi, dan akhirnya cinta dengan brand tersebut.

Troole Merchandise sendiri masuk ke dalam kategori Industri MICE (Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions), di mana produk yang dihasilkannya bisa memenuhi kebutuhan souvenir perusahaan atau instansi dalam berbagai momen profesional. Produknya bisa berupa seminar kit, gift, dan juga souvenir promosi. Baik itu untuk souvenir seminar atau acara; alat pendukung acara; gift untuk membangun relasi; gift untuk meningkatkan engagement; souvenir untuk menarik customer; souvenir untuk meningkatkan image; dan lain-lain.

Sekarang ini Troole Merchandise sudah berkembang pesat. Kliennya sudah sangat beragam, dari berbagai bidang. Mulai dari klien di pemerintahan, bidang kesehatan, pendidikan, finansial, barang kebutuhan, energi, retail, telekomunikasi, MICE (hotel dan pariwisata), dan lain-lain.

Troole Merchandise selalu berusaha untuk menjadi solusi praktis satu pintu untuk semua kebutuhan souvenir setiap moment profesional di Indonesia. Troole Merchandise memudahkan para profesional Indonesia dalam pengadaan berbagai jenis souvenir untuk berbagai jenis event perusahaan/instansi dengan produk souvenir yang berkesan dan bermanfaat (memorable & useful). Untuk bisa mewujudkannya, Troole Merchandise menyediakan banyak fitur misalnya saja one stop service, paket produk sesuai budget, garansi, sampling produk, gratis ongkir, layanan desain, legalitas perusahaan, dan produk express.

Gathering Troole Merchandise dengan Blogger Bandung

Gathering Troole Merchandise dengan Blogger Bandung

Keren!

Mendengar cerita dan juga penjelasan Kang Jana mengenai Troole Merchandise sungguh membuat kagum. Dalam memproduksi produknya, Troole Merchandise ternyata tak hanya mementingkan produknya bagus, lucu, unik, atau semacamnya saja. Tetapi juga unsur kebermanfaatannya. Diperhatikan juga semua detail prosesnya dari awal hingga ke ujung.

Dulu kalo menerima merchandise atau goodie bag, saya gak pernah deh kepikiran hal-hal begitu. Pokoknya bagus, lucu, imut, unik, ya udah. Tapi setelah tahu semuanya dari Troole Merchandise, iya juga ya, penting juga deh unsur manfaat ini.

Teman-teman gimana? Kalo dapat merchandise atau goodie bag, sering mikir jauh gak? Hehehehe, apa pun itu deh ya. Semoga saja deh, tulisan saya tentang Troole Merchandise ini bisa menambah wawasan.

Jika teman-teman butuh merchandise, gift, souvenir, atau apapun, bisa deh ke Troole Merchandise ini. Tapi yang harus dicatat, karena Troole Merchandise ini lebih banyak mendapat orderan dari kaum profesional, maka jumlah orderan minimumnya per item itu 50 pcs. Produknya bisa macem-macem. Dari yang sudah ada ataupun yang costum. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman semua. 

Beberapa sampel merchandise yang diproduksi Troole Merchandise

Untuk tahu lebih lanjut tentang Troole Merchandise, teman-teman bisa akses website-nya langsung di https://troole.id/ atau juga ke akun Instagramnya di https://www.instagram.com/troole.id/. Di sana teman-teman bisa lihat produk-produknya, bahkan cara ordernya. 

Oke deh teman-teman, sampai di sini tulisan saya mengenai Troole Merchandise. Jika ingin nanya-nanya, boleh deh di kolom komentar atau japri ke saya. Sebisa mungkin, jika saya tahu, saya akan jawab pertanyaan teman-teman. Jika tidak tahu, saya akan tanyakan deh ke pihak Troole Merchandise. Semoga tulisan saya bermanfaat! 

Yeay seneng, masing-masing dari kami dapat merchandise tumblr dengan nama dan blog kami terpampang di sana :D


31 komentar:

  1. wih pengalam yang bagus ka , nambah wawasan

    BalasHapus
  2. Wahh tumblernya cakep bener. Kalo dapat goodie bag berupa Tumbler sangat berguna yaa. Lalu produk2nya Trolee yg lain apa aja?

    BalasHapus
  3. Goodiebag yang bagus memang bisa berkesan banget. Saya suka dengan tagline Troole. Karena saya pun maunya goodie bag gak cuma jadi pajangan atau disimpan gitu aja.

    BalasHapus
  4. Seneng ya mbak klo habis datang ke event gathering dapat merchandise yang bermanfaat dan kita pakai di keseharian. Ternyata itu toh arti sebenarnya Troole ya 🤩

    BalasHapus
  5. Seneng banget bisa berkunjung ke Troole karena jadi bisa tahu belakang layar dari berbagai goodie bag yang ada di tangan kita yah Teeeh. Makin seneng karena dapet tumbler istimewa dengan nama kita

    BalasHapus
  6. Aaakkk useful dan thoughtful bngettt ❤️💪 Merchandise emang kudu ada "nyawa"-nya ya Teh, supaya berkesan jg utk yg nerima. aku sukaaaa bgt nih konsepnyaaa, ciamik pol

    BalasHapus
  7. design tumblernya kece banget sih, sepertinya awet ya buat minuman panas dan dingin, btw spill katalog harga merchandisenya

    BalasHapus
  8. Baca dengan tenang tulisan ini, aku seh langsung berpikir pemuliknya ngerti banget pasar yang dibangun dan dengan tagline Troole, Memorable & Useful!, sangat tepat untuk sebuah bisnis merchandise.

    Anw kalau ada kesempatan boleh dong diajak2 kalau ada event. #eh

    BalasHapus
  9. Oh ada minimum order ya mba. Kemarin lihat di IG salah satu temen bisa retail atau pesan satuan soalnya.

    Cuma aku suka sih dengan filosofi mereka. Ada makna, ga sekedar barang. Apalagi kalo berkualitas dan awet. Perusahaan yg memakai jasa mereka pasti ga segan utk repeat order jika memang bagus

    BalasHapus
  10. seandainya pas saya lagi butuh merchandise utk acara kantor, udah tahu Troole. Etapi mereka di Bandung ya? Saya suka mereka mikirin bahwa barang merchandise tidak hanya yang bentukannya lucu, imut. Tapi juga harus dilihat manfaatnya bagi si pengguna nanti.

    BalasHapus
  11. bagus tumblernya mbak, ada nama mbak nia
    kalau kayak gini terlihat lebih personal gitu ya
    kadang aku juga berpikiran sama, kalau dateng ke seminar pasti mikir "nanti isi goodie bagnya apaan ya"
    dan pastinya barang yang kita terima berguna semua, seneng dan ga sia-sia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaya, tumblernya jadi personal banget.
      Walau ada banyak tumbler serupa, tapi karena ada ukiran nama blog dan sosmednya, jadi terasa istimewa.
      Sesuai banget sama tagline Troole Merchandise, Memorable and Useful.

      Hapus
  12. Iya juga sih ya, kalau hubungan baik sudah terjalin, maka urusan bisnis barang/jasa insyaallah jadi lebih lancar.

    BalasHapus
  13. beneran kak klo bisa kumpul bareng blogger gitu pasti hepi yaa bawannya..apalagi ini kunjungan nya ke perusahaan marchendise dijamin pasti dapet goodie bag donk hahah..ngarep...
    keren ini troole marchandise jadi semacam one stop shopping, bisa menyediakan berbagai marchendise sesuai permintaan konsumen da pastinya berkualitas ya kak

    BalasHapus
  14. Kalau ada event, emang Goodie bag adalah salah satu barang yang ditunggu. Karena kita akan mendapatkan barang unik dan lucu.

    Dan Troole Merchandise benar-benar memahami hal ini.

    BalasHapus
  15. Postingannya runut banget.
    Berasa ikut dolan ke Troole dan terekspos nilai-nilai baik terutama Emotional Value-nya!.

    Honestly, aku juga baru tahu tentang hal di bawah ini:

    "... 2 pendekatan value Troole. Yang pertama itu adalah Rational Value, yang terbagi menjadi Market Category, Segmentation, dan juga Product. Dan yang kedua itu adalah Emotional Value, yang meliputi Brand Purpose, Brand Personality, dan juga Brand Soul."

    Rational Value and Emotional Value is a must then!
    Duly noted.

    BalasHapus
  16. Bener juga Teh, bisnis adalah upaya membangun hubungan baik, karena dengan koneksi seperti itu terciptalah yang namanya pelanggan dan langganan.

    BalasHapus
  17. Aku paling suka kalau dapat merchandise yang bisa ku pakai lagi, apalagi seperti tumbler gini. Di rumah tuh kita punya tumbler masing-masing untuk dibawa kalau pas keluar rumah.

    BalasHapus
  18. Oh ya memudahkan ya dan unik kalau dibaca dengan sebutan truli. Salut juga karena mereka memikirkan aspek manfaat dalam setiap produk yang mereka buat. Jadi punya rekomendasi nih kalah buat merchandise ;)

    BalasHapus
  19. Kualitas produk dari Troole sangat bagus. Bahannya awet dan desainnya menarik. Kantor sudah memesan beberapa kali dan selalu puas dengan hasilnya. Merchandise dari Troole tidak hanya berfungsi sebagai promosi, tapi juga sebagai hadiah yang berkesan.

    BalasHapus
  20. Tumblernya cakep yak, aku kalau dapat goodie bag kayak tumbler gini tuh seneng banget karena bermanfaat tentunya. Selain tumbler, produk Troole lainnya apa saja Mak?

    BalasHapus
  21. Filosofinya Troole Merchandise keren banget sii.. Aku sampai sekarang masih kepikiran untuk sebuah usaha memang yang penting itu kedekatannya yaa.. Jadi bisnis bukan sekedar transaksi tetapi menjadi sebuah keluarga yang hangat.

    BalasHapus
  22. Souvenir yang kece itu nggak cuma memorable ya, tapi harus useful
    Seperti souvenir dari Troole ini
    Tumbler sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  23. Salut dan takjub sama founder yanh punya bisnis bukan untuk sekedar menghasilkan cuan semata 🤩. Super inspiratif dan aku suka sama desain Troole Merchandise terutama tumbler.

    Entah kenapa langsung naksir berat, maybe karena desainnya yang simple namun amat elegan. Cocok buat mengakrabkan diri sama klien exsisting ataupun calon klien.

    BalasHapus
  24. Aku juga bacanya Troole, eh ternyata truly. Jujur sih, keren banget namanya, kalau di daftarkan HAKI langsung lolos nih dapet hak ciptanya. Soalnya memang unik dan menarik.

    BalasHapus
  25. Wah bisa nih kapan2 kalau bikin event pesan merchandise-nya di Trolee. Noted pokoknya minimal 5o pcs yaa.
    Nah aku setuju yang nama merchandise kudu memorable tetapi yang paling penting adalah usefull supaya nggak malah dibuang gitu aja yaa.

    BalasHapus
  26. Setuju merchandise itu harus memorable. Wah bisa nih ya pesen di Trole kalau buat event atau ulang tahun anak bisa kali ya. Minimal 50 pieces pokoknya.

    BalasHapus
  27. Wahhh bagus ya ternyata makna troole ini, aku uda mulai membiasakan menyebutnya truly juga nih, mirip sm nama aku. Hehehe. Dan pas banget nih buat liat2 dulu, jelang kelulusan sekolah nanti pas akan byk nyari merchandise begini

    BalasHapus
  28. Wah bacanya Truly ternyata ya Teh, produknya bagus-bagus dan awet aku suka tumbler yang ada nama kita..personal banget..asyik ya Bandung sudah banyak acara blogger lagi..

    BalasHapus
  29. Aku paling suka kalau goodie bag yang isiannya unik dan useful kayak Trolee ini. Pasti kepake dan Tumblernya cakeep bangett

    BalasHapus
  30. Paling suka juga kalau dapat goodie bag karena isinya biasa berupa merchandise yang keren2. Nah, senangnya ya Mbak bisa langsung berkunjung ke perusahaan yang biasa memproduksi Merchandise seperti Troole Merchandise ini. Maknanya dalam banget nih, "Jejak Sesungguh"nya ditambah lagi punya tagline yang keren abis. Merchandisenya bukan sekadar menjadi kenang2an aja ya tapi juga berguna atau usefull.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)