1.8.24

Kebangkitan Yamaha Aerox di Asia, Dari Awal yang Sederhana Hingga Mendominasi


Yamaha Aerox
, merek skuter dari Jepang, telah menggemparkan pasar Asia sejak diperkenalkan pada awal tahun 2000-an. Dari awal mulanya yang sederhana sebagai skuter biasa hingga statusnya saat ini sebagai model papan atas, Aerox telah mengalami transformasi signifikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Asia yang terus berkembang. Artikel ini membahas kebangkitan Yamaha Aerox di Asia, menelaah alasan di balik popularitasnya, dan keputusan merek tersebut untuk memproduksi Aerox dari model awalnya hingga edisi terbaru tahun 2024.

Keputusan Yamaha memproduksi Aerox

Keputusan Yamaha untuk memproduksi Aerox di Asia didorong oleh potensi pasar yang besar di kawasan tersebut dan permintaan skuter yang terus meningkat. Pada awal tahun 2000-an, Asia mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat, yang menyebabkan peningkatan pendapatan yang dapat dibelanjakan dan keinginan akan transportasi yang nyaman dan terjangkau. Yamaha melihat ini sebagai peluang untuk memperkenalkan skuter yang akan memenuhi kebutuhan konsumen Asia.

Generasi pertama Aerox, yang diperkenalkan pada tahun 2002, merupakan skuter dasar dengan mesin 115cc dan desain yang sederhana. Meskipun sederhana, skuter ini sangat populer di Asia, terutama di Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Harganya yang terjangkau, irit bahan bakar, dan mudah digunakan menjadikannya pilihan yang menarik bagi pembeli skuter pemula.

Seiring dengan terus berkembangnya pasar Asia, Yamaha memperbarui seri Aerox untuk memenuhi perubahan preferensi konsumen. Generasi kedua, yang diperkenalkan pada tahun 2007, menampilkan mesin 135cc yang lebih bertenaga dan desain yang lebih ramping. Pembaruan ini menghasilkan peningkatan penjualan dan semakin memperkuat posisi Aerox di pasar Asia.

Generasi ketiga Aerox, yang diluncurkan pada tahun 2012, menandai titik balik yang signifikan bagi merek tersebut. Aerox 125 menampilkan mesin 125cc yang lebih canggih, suspensi yang lebih baik, dan desain yang lebih aerodinamis. Model ini dipuji karena performa, kenyamanan, dan efisiensi bahan bakarnya yang luar biasa, menjadikannya pilihan populer di kalangan penggemar skuter Asia.

Pada tahun 2017, Yamaha memperkenalkan Aerox generasi keempat, yang dilengkapi mesin 155cc yang lebih bertenaga, teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang canggih, dan desain yang lebih ramping. Aerox 155 dipuji karena performa, kenyamanan, dan fitur keselamatannya yang luar biasa, yang semakin memperkuat posisi Yamaha sebagai pemimpin di pasar skutik Asia.

Edisi terbaru Aerox yang diperkenalkan pada tahun 2024 ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir, termasuk lampu depan LED, instrumentasi canggih, dan fitur keselamatan yang lebih baik. Aerox 2024 merupakan bukti komitmen Yamaha terhadap inovasi dan kepuasan pelanggan, menawarkan pengalaman berkendara yang tak tertandingi dengan performa, kenyamanan, dan fitur keselamatan yang lebih baik.



14 komentar:

  1. Keren banget pergerakan Yamaha Aerox ini tuh, beneran jadi mendominasi dan disukai banyak kalangan. Tampang motornya super gagah dan ganteng kalau diibaratkan seorang lelaki.

    Sudah gitu sangat kokoh dan gagah banget. Spek nya canggih juga, jadi bikin pengendara makin nyaman serta aman.

    BalasHapus
  2. Ternyata perjalanan Aerox udah lumayan juga ya, sejak tahun 2002 dan kian hari makin berkembang dengan segala penyempurnaannya. Emang cakep dan gagah produk Yamaha yang satu ini. Dan kalau produk ini femes hingga ke Thailand dan Vietnam, sangat wajar sebab sekeren itu!

    BalasHapus
  3. ternyata lumayan besar juga ya skuternya mirip2 nmax..aku pikir yg model ramping gitu yang buat cewek kecil ringan hehe,,,tapi dari modelnya ini memang cakep sie kern gitu keliatan gagah

    BalasHapus
  4. Uwaaaaah gawat iniiii, suami bisa2 minta ganti motor ke aerox yg baru 🤣🤣🤣🤣🤣. Motor suamiku juga aerox mbak . Khusus buat ke kantor, biar bisa nyampe. Naik mobil bisa kejebak macet yg ada 😅.

    Tu dia beli oasb2017. Pas keluar yg baru. Aweeeet loh Ampe skr jarang masalah. Tp memang suamiku sukaaa bgt Ama Yamaha. Dr dulu sejak kuliah motornya Yamaha. Dan dia udh ngasih kode sih mau ganti motor 🤣. Abis baca ini aku LGS kepikiran Ama kodenya 😄

    BalasHapus
  5. Kalau skuter aku bayangin kayak merek V gitu ternyata motor matic ya? Aerox itu gagah banget. Walau ga bisa mengendarai motor tapi aku suka desainnya dan suka dibonceng ama pengendara Aerox.

    BalasHapus
  6. Ulalaaaa pantesan belakangan ini di jalanan lagi banyak seliweran motor kyk gini.
    Keren maksimal. mupeng juga punya satu unit 🤪

    BalasHapus
  7. Ya Tuhan ini Motor gagah & Sexiehh banget seh, si Aerox 2024 ini menggoda sekali dan dengan fitur keselamatan berasa aman banget yaa..

    BalasHapus
  8. aku gak ngerti soal mesin motor, tapi yang aku ngeh dan suka adalah tempat duduk di bagian belakangnya yang agak tinggi. Siapa yg udah beli nih ya? Mau nyoba nebeng :)

    BalasHapus
  9. Tapi Aerox sekarang wah banget ya. Sampai-sampai pernah ada yang viral tho. Ada yang mau jadi pacarnya asal kendaraan tu cowok Aerox.
    Menurutku juga Yamaha Aerox tuh keren. Dipake touring juga berasa nyaman.

    BalasHapus
  10. ternyata udah masuk generasi ke empat ya, aku baru tau
    Aerox terkenal bandel dan dipakai di medan jalan apapun lancar aja. Gagah gitu liatnya, mesinnya juga handal
    Dulu aku pake motor yamaha pertama kali baru Vega ZR aja mbak. dan sampe sekarang masih baik-baik aja

    BalasHapus
  11. Aerox generasi awal tuh sebenernya sepi peminat mbak. Kurang laku, karena bentuknya agak kurang masuk. Tapi respon Yamaha bagus, ga lantas nyerah. Melainkan langsung bikin versi terbaru dengan bodi yang gambot dan mesin lebih besar. Alhasil laku banget ini motor di kalangan anak-anak muda tuh...

    BalasHapus
  12. Ternyata Aerox banyak peminatnya ya justru setelah cukup lama diluncurkan, bodinya mantap ya jadi lebih stabil di jalan raya

    BalasHapus
  13. keren banget sih memang mba Nia Aerox ini desainnya, saya pun suka, keliatan tangguh banget, cocok banget buat para pecinta motor atau yang hobi touring

    BalasHapus
  14. Uda generasi ke empat aja yaa, teh..
    Terbukti besarnya minat masyarakat Indonesia akan Yamaha Aerox. Desain motor maticnya manly sekali.. Jadi cocok digunakan cowo atau cewe yang menginginkan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)