1.8.24

Cara Cerdas Pilih Pinjaman Jaminan BPKB Online Yang Aman


Fintech tentunya menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Sebuah istilah yang dikenal juga sebagai lembaga keuangan digital atau financial technology. Ini adalah sebuah lembaga keuangan yang memungkinkan masyarakat untuk lebih mudah dalam mengajukan pinjaman uang, karena tidak perlu kemana-mana cukup dari rumah saja. Selain berbasis KTA sebenarnya juga ada produknya yang berbasis kredit multiguna, seperti di antaranya adalah pinjaman jaminan BPKB. Pastinya Anda sendiri sudah tidak asing dengan hal ini.

Rata-rata masyarakat Indonesia sendiri memang lebih suka ambil produk pinjaman atau kredit yang berjaminan ini dibandingkan dengan KTA, karena tidak banyak syaratnya. Asalkan memenuhi syarat dalam bentuk BPKB kendaraan maka kemungkinan besar permintaan atau apply tersebut nantinya akan diterima dan uang juga langsung cair, dibandingkan dengan apply KTA yang dikenal begitu ribet. Pengajuan lewat fintech juga memungkinkan Anda tidak perlu datang ke bank secara langsung, karena apply bisa dilakukan online lewat smartphone.

Hanya saja masyarakat juga harus lebih berhati-hati karena meskipun aman, namun pada dasarnya jenis pinjaman jaminan BPKB online ini juga banyak yang bermasalah. Tidak sedikit dibantaranya yang sudah menjadi korban yang rugi banyak. Agar tidak sampai mengalami hal tersebut, maka berikut ini ada beberapa kiat cerdas untuk menghindarinya.

  1. Pastikan legalitas dari lembaga penerbit pinjaman tersebut. Cek legalitas dari fintech, apakah mereka sudah terdaftar OJK serta diawasi ataukah belum. Bisa dicek di website resmi Otoritas Jasa Keuangan. Jangankan fintech yang belum terdaftar OJK, bahkan yang sudah terdaftar OJK ini saja masih banyak yang nakal atau bermasalah, sehingga harus diwaspadai. Reputasi perusahaan ini sangatlah berpengaruh terhadap keamanannya.
  2. Pastikan biaya yang kompetitif. Selanjutnya cek juga mengenai biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk ambil pinjaman tersebut. Anda sendiri wajib tahu bahwa selain dari segi beban bunga, sebenarnya masih ada beberapa jenis beban biaya tambahan lain yang dikenakan kepada debitur saat ambil pinjaman. Misalnya adalah biaya provisi, biaya di muka, denda keterlambatan pembayaran, penalti, serta masih banyak yang lainnya. Carilah yang biayanya kompetitif serta masuk akal. 
  3. Pastikan yang punya review baik. Jangan melihat review atau testimoni yang ada di dalam websitenya. Melainkan dari forum online saja, karena lebih obyektif melihat penilaian orang lain dari sini. Hal ini murni bukan settingan. Dari penilaian ini maka Anda dapat menyimpulkan bagaimana kualitas dari lembaga tersebut, apakah benar-benar bagus atau justru sebaliknya. Apalagi jika banyak yang menjadi korbannya, sebaiknya jangan apply pinjaman ke sana jika tidak ingin menjadi korban selanjutnya.
  4. Cek simulasinya. Tersedia fasilitas kalkulator kredit yang dapat dimanfaatkan untuk kemudahan dalam mengecek simulasi kredit atau pinjaman dari lembaga tersebut, karena sudah ada ukuran bunga, tenor, dan dapat diatur dengan mudah. Hal ini juga memudahkan untuk menemukan berapa tenor yang ideal dipilih dalam melunasi hutang tersebut, sehingga tidak melebihi kemampuan keuangan.
  5. Pastikan pinjaman yang Anda pilih memberikan asuransi pada barang jaminan Anda. Sebab biasanya rentan terjadi masalah pada barang yang dijadikan sebagai agunan. Tentunya Anda tidak ingin sampai terjadi hal ini bukan. Jadi solusinya pilih yang menyertakan fasilitas asuransi juga, sehingga lebih aman untuk debitur.

Jika Anda mencari pinjaman jaminan BPKB secara online, Moladin Finance Indonesia bisa Anda pilih. Tentunya hal ini karena Moladin Finance sudah dikenal. Jaringan atau agen dari MOFI juga sudah banyak, ada di seluruh Indonesia. Di samping pastinya proses apply pinjaman di Moladin Finance Indonesia juga mudah. Berikut ini caranya.

  • Isi formulir pengajuan pinjaman. Formulir ini bisa didapatkan langsung lewat website resmi Moladin Finance.
  • Siapkan sejumlah persyaratan yang diminta, seperti surat kepemilikan kendaraan, KK, KTP, dan juga STNK.
  • Nantinya pihak Moladin akan menghubungi, terkait dalam penentuan nominal pinjaman hingga  tenor yang diinginkan.
  • Tunggu pinjaman diproses. Lama waktunya hanya butuh sekitar 1 hari kerja saja jika data sudah lengkap.
  • Uang pun akan langsung dicairkan ke rekening Anda. 
Itu dia cara mengajukan pinjaman di MOFI. Mudah bukan. Jangan khawatir, pinjaman di sana bisa memberi Anda plafon pinjaman hingga ratusan juta rupiah. Perlu dana tambahan untuk modal atau berbagai keperluan? Coba Moladin Finance Indonesia.



2 komentar:

  1. Ternyata jaman sekarang pinjaman online pun bisa pakai jaminan BPKB juga ya, serius baru tau. Nah terpenting pinjaman online nya legal, di awasi oleh OJK, jadinya lebih aman.

    Intinya harus cek ricek sebelum ajuin pinjaman dengan menjaminkan BPKB. Jangan sampai malah masuk jebakaan penipuan atau hal membahayakan.

    BalasHapus
  2. baru tau kalo ada pinjaman pinjol pake jaminan juga dikira poto ktp sambil selvi ajja , terimakasih refrensinnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)