16.10.24

Kampung Berseri Astra (KBA) Duren Seribu, KBA Binaan Pertama FIFGroup di Kota Depok

Foto : https://www.fifgroup.co.id/

Anda yang mengikuti perkembangan desa di tanah air, pasti tak asing lagi dengan yang namanya Kampung Berseri Astra (KBA). Tentu saja demikian, sebab selain KBA ini jumlahnya sudah sangat banyak, di mana hingga akhir 2023 saja jumlahnya sudah 194 KBA; program CSR dari Grup Astra ini juga sangat keren. Dengan 4 pilar yang disasarnya, sebuah desa yang tadinya biasa saja, namun punya potensi yang besar, mampu berkembang menjadi desa teladan bagi desa-desa yang lain. 

Tak terkecuali dengan KBA yang baru saja diresmikan di bulan Mei 2024 lalu di Kota Depok. Namanya KBA Duren Seribu. Sebuah KBA Binaan FIFGROUP yang letaknya ada di Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. KBA ini juga menjadi KBA pertama yang dibina secara langsung oleh FIFGROUP.

Hasil Kolaborasi Banyak Pihak

Sudah bukan zamannya lagi jika kita berkompetisi secara sendiri-sendiri. Hal tersebut biasanya hanya berfokus pada hal-hal yang saling menjatuhkan. Sekarang adalah zamannya berkolaborasi. Di mana setiap elemen saling bahu membahu mewujudkan tujuan bersama. Pun demikian juga dengan pengembangan desa. KBA Duren Seribu adalah salah satu contohnya. Dibentuknya KBA Duren Seribu ini juga dilakukan melalui kolaborasi antara masyarakat, pemerintahan Kota Depok, dan juga Grup Astra yang dalam hal ini adalah FIFGROUP. 

 Foto: Kompas.com

Seperti halnya KBA yang lainnya, KBA Duren Seribu ini juga bertujuan mewujudkan desa yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif, sehingga meningkatkan kualitas hidup warga secara berkelanjutan.

Pemilihan desa yang dijadikan KBA tentu saja tak bisa sembarangan. Ada syarat khusus yang akhirnya bisa dipilih. Untuk KBA Duren Seribu, tempat ini dipilih karena memiliki  potensi pengembangan yang berkelanjutan, baik dalam hal kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan juga lingkungan. Sehingga nantinya, pihak Grup Astra, dalam hal ini FIFGROUP akan berupaya mengembangkan potensi keberlanjutan ini melalui sejumlah inisiatif dari keempat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP. FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sejahtera, dan juga FIFGROUP Lestari.

Inisiatif Pilar FIFGROUP Sehat

Program-program yang dibuat Pilar FIFGROUP untuk KBA Duren Seribu meliputi kampanye kesadaran hidup bersih dan sehat; dibuatnya lokakarya kesehatan untuk remaja dan ibu hamil; didirikannya Posyandu untuk peningkatan kualitas kesehatan remaja dan lansia; serta dilakukan pelatihan-pelatihan bagi kader Posyandu supaya bisa memiliki ilmu dan wawasan kesehatan yang bisa mengatasi dan mencegah stunting serta isu-isu kesehatan lainnya.

Inisiatif Pilar FIFGROUP Pintar

Program-program yang dibuat pilar FIFGROUP Pintar untuk KBA Duren Seribu di antaranya adalah penyediaan infrastruktur untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di mana Kelurahan Duren Seribu ini sudah memiliki PAUD Mawar Seribu. Kemudian disediakannya buku-buku dan mainan di taman baca. Juga dibuatnya pelatihan untuk guru-guru PAUD supaya kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak-anak PAUD tersebut bisa meningkat.

Foto : https://www.depokterkini.com/

Inisiatif Pilar FIFGROUP Sejahtera

Program-program yang dibuat pilar FIFGROUP Sejahtera untuk KBA Duren Seribu di antaranya adalah pemberian dukungan untuk pengembangan usaha lokal. Bentuknya berupa dana untuk UMKM di mana dana ini tanpa bunga. Selain itu juga berupa dibuatnya lokakarya-lokakarya yang bisa meningkatkan pengetahuan serta keterampilan wirausaha lokal.

Inisiatif Pilar FIFGROUP Lestari

Program-program yang dibuat pilar FIFGROUP Lestari itu meliputi inisiatif dilakukannya perluasan area hijau serta penerapan praktik pertanian yang berkelanjutan. Di Kelurahan Duren Seribu, bentuknya berupa intensifikasi rumah pembibitan dan rumah maggot; dibuatnya lokakarya Kelompok Wanita Tani; serta dilakukannya penyediaan alat-alat serta pelatihan dan intensifikasi budidaya ikan dalam ember (Budikdamber).

Foto : Kompas.com

Sukses dan Berkah untuk Semua Pihak!

KBA Duren Seribu memang baru berusia beberapa bulan saja. Akan tetapi kesungguhan dari tiap-tiap elemen yang berkolaborasi jelas membawa semangat positif untuk bisa lebih maju. Inisiatif-inisiatif program yang direncanakan dari pilar-pilar FIFGROUP, satu demi satu dijalankan dengan baik. Hasilnya jelas sesuai seperti yang diharapkan. Dan ke depannya, tentu akan dijalankan juga inisiatif yang lainnya. Dan bukan mustahil, seiring berjalannya waktu, inisiatif dan inovasi yang lebih baik serta lebih tepat untuk KBA Duren Seribu akan muncul. Entah itu dari pihak FIFGROUP, masyarakatnya, ataupun pemerintah Kota Depok.

Kelurahan Duren Seribu hanya satu dari sekian banyak desa yang potensial. Di luar itu tentu ada banyak desa lainnya yang mungkin jauh lebih potensial namun belum dikembangkan dan belum mendapatkan dukungan. Semoga saja, ke depannya, pihak Grup Astra bisa terus menjadikan desa-desa tersebut sebagai Kampung Berseri Astra seperti halnya KBA Duren Seribu. Tidak ada yang mustahil. Kita doakan saja. Sukses dan berkah untuk semua!

Foto : https://fifgroup.co.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)