22.10.24

Kampung Berseri Astra (KBA) Desa Gedepangrango, Kampung Kreatif di Balik Indahnya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Foto : Instagram KBA Desa Gedepangrango

Anda yang gemar naik gunung pasti tahu dengan Gunung Gede Pangrango. Ya, gunung populer di kalangan para pendaki karena keindahan alamnya. Gunung Gede Pangrango sendiri sebenarnya terdiri atas 2 gunung. Yakni Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Akan tetapi karena posisinya yang saling bersebelahan, dengan bentuk yang mirip, banyak yang menyangka bahwa gunung ini hanyalah satu, yaitu Gunung Gede saja yang punya ketinggian sekitar 2.958 meter di atas permukaan laut (dpl). Padahal kenyataannya ya itu tadi, dua gunung, Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Di mana Gunung Pangrango ketinggiannya itu sekitar 3.019 meter di atas permukaan laut (dpl).

Desa Gedepangrango, Desa Kreatif dan Inovatif di Balik Indahnya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Di balik keindahan alam Gunung Gede dan Gunung Pangrango, tepatnya di bagian wilayah Kabupaten Sukabumi, tersebutlah sebuah desa yang menakjubkan. Sebuah desa yang penduduknya kreatif dan inovatif. Lokasinya ada di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Namanya Desa Gedepangarango. Wilayahnya berada di bawah kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP). Karena kreatif dan inovatifnya ini, Desa Gedepangrango mendapatkan banyak dukungan dan penghargaan. Salah satunya dukungan dan penghargaan ini adalah dari Grup Astra. Sehingga akhirnya, di depan nama desanya disematkan penghargaannya, menjadi Kampung Berseri Astra (KBA) Desa Gedepangrango

Desa Gedepangrango letaknya sangatlah strategis. Alamnya yang indah dan juga kearifan budaya lokalnya yang kental membuat desa ini menarik. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. 

Sumber daya alam (SDA) Desa Gedepangrango sangat potensial. Airnya bersih, sebab keluar langsung dari mata air pegunungan. Tanahnya subur, sebab jelas berada di kawasan pegunungan. Udara jelas sangat sejuk, karena masih pegunungan dan pedesaan yang asri.  Nah panorama alamnya, tak perlu diragukan lagi. Datangnya banyak wisatawan memperjelas itu semua.

Sumber daya manusianya bagaimana? Sangat potensial juga. Mereka sangat terbuka dengan perubahan yang membuat desanya semakin berkembang. Tak pelak, gelar KBA Desa Pangrango yang diraihnya di tahun 2021 sangat pantas mereka dapatkan.

Apa yang membuat Desa Gedepangrango Istimewa Sehingga Menjadi Layak Menjadi KBA Desa Pangrango?

Layaknya Kampung Berseri Astra (KBA) yang lainnya, sebuah desa akan dijadikan sebagai KBA jika memenuhi syarat potensial 4 Pilar KBA. Potensial di Pilar Pendidikan, potensial di Pilar Kesehatan, potensial di Pilar Kewirausahaan, dan potensial di Pilar Lingkungan. Begitu juga dengan Desa Gedepangrango, pilar pendidikannya memenuhi kriteria untuk menjadi KBA. 

1. Pilar Pendidikan

Untuk pilar pendidikan, di sekitar Desa Gedepangrango terdapat banyak sekolah. Dari mulai jenjang prasekolah (PAUD), SD, SMP, hingga SMA dan sederajatnya ada. Di Pilar ini, Grup Astra memberi dukungan penuh. Ada banyak kegiatan yang sudah dilakukan. Misalnya saja santunan untuk murid, santri, dan guru ngaji. Ada juga aneka perlombaan yang mengasah kemampuan para siswa di ajang lomba Aku Juara. Dan berbagai kegiatan lain yang bertujuan untuk semakin mengembangkan kemampuan anak-anak sekolah dari jenjang prasekolah (PAUD), SD, SMP, hingga SMA dan sederajat.

Foto : Instagram KBA Desa Gedepangrango

2. Pilar Kesehatan

Untuk Pilar Kesehatan, Desa Gedepangrango memiliki posyandu yang bagus. Ada banyak kegiatan yang dilakukan. Ada kegiatan penyuluhan bebas stunting yang bekerja sama dengan lembaga lain. Ada program vaksinasi. Ada program penimbangan balita rutin. Ada program pemberian alat-alat kesehatan. Ada program penyuluhan gizi. Ada kegiatan donor darah. Dan ada berbagai macam kegiatan yang bertujuan meningkatan kesehatan dan kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Foto : Instagram KBA Desa Gedepangrango

3. Pilar Kewirausahaan

Desa Gedepangrango memiliki sumber daya alam yang potensial dan melimpah. Karena hal ini, jadilah masyarakat yang ada di sana mengembangkan potensi dan kemelimpahannya itu. Di samping hasil dari sumber daya alamnya yang dijual langsung, masyarakat Desa Gedepangrango juga kreatif mengolahnya, supaya nilai tambah dari sumber daya alamnya semakin meningkat. 

Misalnya saja di dusun Cijagung RW. 009 Desa Gedepangrango. Di sana ada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mem produksi gula aren. Kemudian di Dusun Cijagung RW. 008 ada UMKM yang memproduksi kopi Mekarasari. Ada juga UMKM Kelompok perempuan Rawan Sosial Ekonomi Pujasera (Perempuan, Janda Serba Bisa). Mereka banyak mengolah hasil alam menjadi produk baru yang berdaya jual tinggi. Selain dijual produknya, para wisatawan yang datang ke sana juga dapat belajar dan menyaksikan secara langsung tahapan serta proses-proses pembuatannya.

Foto : Instagram KBA Desa Gedepangrango

4. Pilar Lingkungan

Masyarakat Desa Gedepangrango sangat menyadari bahwa kehidupan mereka sangat ditunjang oleh alam. Karena hal tersebut, jadinya mereka memiliki kesadaran yang tinggi di dalam memelihara alam. Baik itu di dalam segi kebersihannya maupun keberlangsungannya. Salah satu bentuk nyata dari cara mereka memelihara alam misalnya adalah dengan rutinnya bergotong membersihkan lingkungan. 

Foto : Instagram KBA Desa Gedepangrango

Di Dusun Cibunar II, tepatnya di RW. 003 malah ada program Bank Sampah. Di sana, sampah-sampah yang berasal dari masyarakat setempat, dipilah jenis sampahnya, kemudian masing-masing dari jenis sampah itu dikelola menjadi sesuatu hal yang bernilai. 

Desa Wisata KBA Desa Gedepangrango 

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki Desa Gedepangrango membuatnya istimewa. Sudahlah desa ini mempunya panorama alam yang indah, berbagai sumber daya yang dimilikinya juga ditangani secara kreatif. Tak heran jika banyak wisatawan yang berdatangan ke Desa Gedepangrango. Jadilah Desa Gedepangrango kini dikenal sebagai Desa Wisata.

Ayo Berguru pada Desa Gedepangrango!

Indonesia memiliki alam yang Indah. Tak hanya Desa Gedepangrango. Dari Sabang sampai Merauke, ada banyak sekali desa potensial yang jika ditangani dengan baik, akan seperti Desa Gedepangrango. 

Semoga kita semua bisa berguru dari Desa Gedepangrango. Mampu mengembangkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan nilai sumber daya itu sendiri. Tentu saja supaya taraf kehidupan kita meningkat. Dan semoga ada banyak pihak yang bisa bekerja sama sehingga akhirnya bersama-sama menciptakan tujuan tersebut. Semoga saja!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)