13.10.24

Siti Salamah, Sejahterakan Pemulung Sampah di Waste Solution Hub

Siti Salamah
(Foto : https://thumb.viva.co.id/)

Siapa yang tak gemas melihat tumpukan sampah? Semua orang pastinya merasakannya. Iyalah demikian, sebab sampah yang identik dengan barang kotor dan bau, sangat tidak enak dipandang mata. Apalagi jika jumlahnya sudah banyak. Selain mengganggu pemandangan juga berisiko mencemari lingkungan yang akibatnya memancing bibit-bibit penyakit.

Akan tetapi, dari banyaknya orang yang gemas dengan sampah, tak semuanya mampu memikirkan solusi. Hanya orang-orang tertentu saja yang demikian. Dan dari sekian orang yang punya solusi akan sampah, tersebutlah Siti Salamah. Dengan Waste Solution Hub-nya, Siti Salamah mampu mengelola sampah sekaligus juga menyejahterakan para pemulungnya.

Awal Mula Terbentuknya Waste Solution Hub

Waste Solution Hub tidak langsung terbentuk begitu saja. Siti Salamah, awalnya iba dengan kehidupan para pemulung sampah yang mengais  sampah dengan keranjangnya, dari satu tempat ke tempat yang lain. Di satu sisi, para pemulung sampah ini merupakan pahlawan lingkungan. Mereka memiliki peran yang cukup penting di dalam pengelolaan sampah dan juga kebersihan lingkungan. Namun di sisi lain, kesejahteraan hidup para pemulung sangat memprihatinkan. 

Berangkat dari hal tersebut, Siti Salamah pun akhirnya membuat program pemberdayaan terhadap para pemulung. Programnya sendiri dimulai di tahun 2015. Saat itu, Siti Salamah membuat kegiatan sosial berupa Taman Magrib Mengaji, di lapak para pemulung. Kegiatan ini sendiri digelar setiap selesai magrib. Tepatnya di lapak pemulung Jurangmangu Timur, Tangerang Selatan, Banten. Harapan Siti Salamah, anak-anak para pemulung yang ada di sana bisa mendapatkan pendidikan agama (non-formal) yang baik, sehingga akhrinya bisa membentuk karakter yang baik.

Siti Salamah dan volunteer Waste Solution Hub membagikan makanan ke warga Lapak Pemulung
(Foto : Pilar.id)

Seiring dengan antusiasnya anak-anak pemulung belajar keagamaan, Siti Salamah pun kemudian berkeinginan untuk mengembangkan kegiatan yang ada di program Taman Magrib Mengaji ini. Dari yang awalnya hanya mengaji Alquran, ditambah juga dengan pembelajaran sekolah bagi anak-anak tersebut. Taman Magrib Mengaji pun akhirnya diganti nama menjadi Taman Pohon. Alasannya karena tak hanya mengajarkan mengaji tetapi juga memberikan pendidikan secara umum.

Pertemuan Siti Salamah dengan rekannya Ranitya Nurlita (Lita), pada program United in Diversity, di tahun 2017, memberikan ide baru. Siti Salamah dan Lita yang memiliki concern yang mirip, yakni pemberdaaan sampah, lingkungan, dan juga sosial, membuat mereka banyak bertukar cerita dan ide. Akhirnya, Siti Salamah dan Lita sepakat untuk membuat program yang memadukan aksi sosial dengan penanganan sampah atau lingkungan. 

Ide program tersebut akhirnya bisa direalisasikan setelah Lita pulang dari Amerika, di tahun 2018 dengan menyertakan Muhammad Yusuf. Wujudnya berupa Waste Solution Hub. Sebuah program yang diharapkan akan bisa memberikan solusi berbagai macam permasalahan sampah serta kondisi sosial di lingkungan para pemulung.

Program di Waste Solution Hub

Waste Solution Hub atau biasa disebut sebagai Waste Hub memiliki beberapa program. Program-program tersebut misalnya saja adalah pemberdayaan para pemulung. Bentuk program ini sendiri itu berupa pemberian pemahaman tentang pemilihan sampah, supaya pendapatan mereka bisa meningkat.

Setelah pemberian pemahaman mengenai pemilihan sampah, pemberdayaan ini dilanjutkan dengan pemberian pelatihan dan juga ketrampilan di dalam mengolah sampah. Tujuannya supaya sampah tersebut bisa menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis.

Jangan salah, pemberdayaan ini dilakukan Siti Salamah dan juga rekan-rekannya tak hanya di kalangan para pemulung saja. Pelatihan ketrampilan mengelola sampah ini juga menyasar ibu-ibu rumah tangga.

Siti Salamah bersama ibu-ibu rumah tangga
(Foto: https://cdn.idntimes.com/)

Waste Solution Hub juga membuat program Sedekah Sampah yang berkolaborasi dengan Barisan Bangun Negeri. Jadi di program ini, jamaah dari sebuah masjid memberi sedekah berupa sampah. Nah nantinya, saat sampah sudah terkumpul banyak, akan dijual. Awalnya program sedekah sampah ini dilakukan bersama satu dua masjid saja. Sekarang, sudah ada banyak masjid yang melakukannya. 

Selain program-program tersebut, Waste Solution Hub juga memiliki banyak program lain. Misalnya saja pengelolaan sampah event dan cluster perumahan yang dilakukan dengan proses end-to-end; pelatihan intensif pemulung; dan juga program konsultan keberlanjutan untuk proyek #lesswaste atau bahkan #zerowaste.

Capaian Waste Solution Hub

Banyak hal sudah dicapai Waste Solution Hub dari mulai terbentuk hingga sekarang. Ada 23.121 kilogram sampah yang sudah dikelola. Ada 1.222 orang pemulung yang telah diberdayakan. Ada 835 sukarelawan yang sudah terlibat. Ada 72,904 orang yang sudah berkunjung ke sana. Ada 1100 anggota platform Green Jobs. Ada 120 pohon dan mangrove yang sudah ditanam di Jakarta. Ada 171.612 dollar dana yang sudah dikumpulkan. Ada sebanyak 5006 paket sembako yang telah didistribusikan selama pandemi. Dan banyak lagi yang lainnya.

Waste Solution Hub sendiri memiliki banyak target. Target tersebut antara lain jumlah mitra pemulung yang mencapai 10.000. Kemudian pendapatan pemulung bisa naik 100%. Lalu mampu mengelola 1.000 ton sampah per hari. Serta bisa menghasilkan lebih dari 1.000 produk daur ulang dan juga bisa mengembangkan lebih dari 10 area pusat daur ulang dan pembelajaran di seluruh pelosok Indonesia.

Well…

Apa yang dicapai Waste Solution Hub sangat luar biasa. Tak heran jika apa yang dilakukan Siti Salamah yang menjadi penggagas di dalam memberdayakan para pemulung, membuatnya mendapatkan penghargaan Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia. Ya, Siti Salamah menjadi penerima Apresiasi SATU Awards di tahun 2021 untuk kategori Kelompok.

Semoga apa yang dilakukan Siti Salamah di Waste Solution Hub bisa memberi inspirasi bagi kita semua. Setidaknya, jika belum mempu mengelola sampah lingkungan secara umum, ayo kelola sampah yang dihasilkan di rumah kita sendiri. Selain bisa menghasilkan uang, pastinya juga membuat lingkungan menjadi bersih dan sehat. Yuk kelola sampah dengan baik!

Siti Salamah, peraih SATU Indonesia Awards 2021

(Foto: dok.pribadi/Siti Salamah)


18 komentar:

  1. Sangat menginspirasi banget ini apa yang dilakukan Siti Salamah apalagi terkait sampah yang tiap hari selalu bertambah ya. Beliau gak hanya membantu penanganan sampah tapi juga ikut mensejahterakan pemulung ya, mulia sekali. Semoga program Waste Solution Hubnya terus berjalan dan bisa lebih besar lagi

    BalasHapus
  2. Mantap! orang-orang seperti ini yang langka, yang mampu memberikan edukasi dan berkelanjutan sehingga membantu sesamanya untuk mencari rezeki. Sukses buat kak Siti

    BalasHapus
  3. Masya Allah saya suka terkagum-kagum dengan sosok-sosok inspiratif seperti ini. Beliau terjun langsung ke masyarakat dan memberi manfaat tepat sasaran. Ah.. semoga kita bisa menjadi sosok menyebar manfaat di sekitar kita yaa aamiin

    BalasHapus
  4. Mba Siti emang keren teh, tahun lalu sempat wawancara via wa karena beliau sedang melahirkan anaknya. semanat juang dan pengabdiannya untuk warga binaan pemulung memang luar biasa sih

    BalasHapus
  5. Selalu bangga kalo ada wanita yang berdaya seperti Bu Siti Salamah dan Bu Lita begini. Hidupnya pasti penuh manfaat. Berkah selalu Bu...

    BalasHapus
  6. Semakin banyak sosok seperti Siti Salamah, semakin lestari lingkungan dan masalah sampah semakin mendapatkan banyak solusinya
    Sosok yang sangat menginspirasi...

    BalasHapus
  7. Menginspirasi sekali Ibu Siti Salamah dengan Waste Solution Hub yang memiliki beberapa program di antaranya pemberdayaan para pemulung dan ibu rumah tangga juga program lainnya. Semoga bisa diteladani secara meluas diterapkan di berbagai daerah.

    BalasHapus
  8. masyaaallah keren banget siti salamah yang mampu melakukan hal luar biasa dengan membantu memberikan kesejahteraan untuk pemulung

    BalasHapus
  9. Salut untuk bu Siti Salamah yang memikirkan nadib para pemulung. Memang saat ini sampah merupakan masalah yg tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun menjadi tanggung jawab kita semua.

    BalasHapus
  10. Mbaknya masyaAllah keren banget. orang yang peduli sama lingkungan memang banyak, tapi yang terjun langsung untuk mengatasi permasalahan sampah itu ga banyak. semoga kegiatannya terus berlanjut dan mampu mensejahterakan lebih banyak pemulung

    BalasHapus
  11. Salut buat Ibu Siti Salamah atas inisiatif dan kerja kerasnya untuk kebersihan lingkungan yang semakin semerawut saja. SemogsolutyA akan banyak bermunculan Siti Salamah berikutnya yang akan menjadikan Waste Solutioin Hub b erkembang lebih luas lagi dengan kesamaan misi dan visi kedua perempuan penuh kreasi ini. Aamiin YRA

    BalasHapus
  12. Pastinya menginspirasi kita kak Siti Salamah ini dalam hal pengelolaan sampah ini, karena memang masih menjadi PR banget ya. Namun kalo bisa konsisten menerapkan, maka pasti ada hasilnya. Yuk semangat

    BalasHapus
  13. Salut banget deh dengan Mbak Siti Salamah atas kepeduliannya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitarnya, pemberdayaan pemulung seperti ini bisa mengubah taraf hidup pemulung ya, sekaligus menjaga lingkungan kita..

    BalasHapus
  14. Kagum sekali dengan langkah besar yang diambil kak Siti Salamah. Dan karena langkah besarnya untuk lingkungan, membuat beliau dianugerahi peraih SATU Indonesia Awards 2021.

    Aku pernah ikutan edukasi mengenai Bank Sampah gitu teh..
    dan memang ga mudah karena kudu cari partner pemerintahan hingga bener-bener mengajak warga sekitar untuk bersama mengelola sampah dengan benar.

    BalasHapus
  15. Keren sekali apa yang dilakukan oleh Siti Salamah ini. WasteHub tak hanya bisa membantu mengatasi permasalahan sampah di Indonesia ya, tetapi juga bisa mensejahterakan pemulung

    BalasHapus
  16. Masalah sampah di Indonesia emang nggak ada habisnya ya. Program yang dibuat siti salamah ini bukan hanya berikan manfaat lingkungan yang sehat bersih, tapi juga dapat sejahterahkan masyrakat sekitar. Alhamdulillah semoga program ini terus berjalan

    BalasHapus
  17. Keren banget usaha Siti Salamah! Bisa ngasih inspirasi buat kita semua buat lebih peduli sama lingkungan dan pemulung. Yuk, mulai dari diri sendiri!

    BalasHapus
  18. Baru tahu ada program kayak gini! Seru banget bisa membantu pemulung dan ngurangin sampah. Ayo, kita ikutan berkontribusi juga!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)